Home » hobi » Berbagai Teknik Dasar Bermain Drum Bagi Pemula

Berbagai Teknik Dasar Bermain Drum Bagi Pemula

 

Musik memang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Baik untuk mengisi waktu luang, menghilangkan kebosanan, hingga ada yang memang berkarya di cabang seni satu ini. Salah satu alat musik yang cukup diminati adalah drum. Ia adalah alat musik yang bisa Anda temukan saat melihat sebuah kelompok musik atau band.

Menguasai Semua Alat Musik bagi Seorang Seniman

Bagi Anda pecinta musik sejati, menguasai berbagai macam alat musik memang menjadi keinginan dan impian. Drum adalah alat musik dengan tingkat kesulitan cukup tinggi, dimana Anda harus mengkombinasikan gerakan tangan dan kaki untuk membuat sebuah alunan. Bahkan pada alat musik ini terdiri dari berbagai macam komponen yang harus dimainkan sehingga suara yang ditimbulkannya memiliki irama yang indah, lantas bagaimana bisa Anda mempelajari alat musik ini?

Berbagai Teknik Dasar Bermain Drum Bagi Pemula

Apa Yang Harus Dikenali Dan Bagaimana Melakukannya?

Untuk bisa memainkan suatu alat musik tentunya Anda harus mengenalnya terlebih dahulu. Seperti yang ada pada drum, hal-hal yang harus Anda ketahui dan teknik-tekniknya yaitu.

  • Stick adalah tongkat yang digunakan untuk memukul drum. Pertama Anda bisa belajar cara memagangnya yaitu dengan teknik Match Grip yaitu posisi stick lurus dengan drum agar bisa mengeluarkan suara yang keras. Biasanya teknik ini digunakan mereka yang sudah profesional. Kedua dengan Tradisional Grip yaitu dengan cara menyamping dan pukulan pelan menghasilkan nada yang lembut.
  • Pedal Bass adalah bagian yang dibunyikan dengan menginjak pedalnya. Untuk menghasilkan suara yang bagus Anda harus bisa mengetuk (menginjak) pedal dengan konsisten karena semua tempo alat musik berpatokan padanya. Anda bisa menggunakan teknik Full kick yaitu menginjak dengan seluruh bagian telapak kaki namun Anda akan mudah lelah. Atau dengan menggunakan half kick yaitu dengan kaki bagian depan.
  • Hi hat atau pengatur tempo bagi seorang drumer agar musik yang dimainkan lebih tertata. Memainkan ini Anda harus memahami atauran atau ketukan yang Ada di dalamnya.

Baca juga http://hobibanget.com/

Teknik Dasar Bermain dengan Ketukan

Sebelum belajar lebih jauh, teknik dasar yang harus Anda kuasai adalah melakukan ketukan-ketukakan dasar pada drum. Anda harus memulainya dengan baik dan benar pada bagian ini. Ketukan pertama yang perlu Anda pelajari adalah pada permainan snare yaitu pada single stroke, doble stroke, triplets dan permainan lain.  Jika Anda sudah menguasai ketukan-ketukan dan berlatih secara rutin, tentu saja kemampuan Anda bisa meningkat dan menjadi lebih baik. Setelah itu dilanjutkan dengan memadukan ketukan pada kaki kanan yaitu di bass dan kaki kiri yaitu pada pedal hi hat, tangan kanan pada hi hat dan kiri pada snare. Anda bisa menghitung dengan hi hat 8 kali, sisipkan bass pada 1 dan 5 dan snare pada hitungan 3 dan 4. Anda menghitungnya secara berulang dengan hi hat.

Post Tag With : , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *