Home » hobi » Berbagai Serba-serbi Kucing yang Harus Anda Tahu

Berbagai Serba-serbi Kucing yang Harus Anda Tahu

Memiliki hewan peliharaan tentunya membuat orang memberikan kesenangan tersendiri. Apalagi, hewan yang Anda pelihara adalah hewan lucu dan sangat suka ketika diajak bermain. Banyak rekomendasi hewan jinak yang bisa Anda adopsi dan rawat di rumah. Ia juga tergolong hewan yang populer pastinya membuat Anda tergoda.  Apalagi Anda bisa menemukannya dengan bermacam-macam jenis dan karakter sehingga membuat siapa pun semakin gemas dan tertarik. Kucing, hewan berbulu ini memang tergolong hewan yang cerdas dan begitu aktif saat diajak bermain. Keberadaan hewan yang satu ini sudah ada sejak 6.000 tahun SM. Jadi memang sudah lama sekali hewan jinak ini berinteraksi dengan manusia.

Berbagai Serba-serbi Kucing yang Harus Anda Tahu

Karakter Kucing Sebagai Seekor Predator

Hewan jinak dan berbulu ini memiliki nama latin yaitu Felis. Banyak sekali jenis kucing yang bisa Anda temukan di dunia, bahkan di Indonesia Anda bisa menemukan puluhan jenis kucing yang bisa Anda pilih sebagai hewan peliharaan. Hewan ini masuk ke dalam kategori predator karena kemampuannya dalam membunuh bahkan ia mampu memakan beberapa spesies tikus. Meskipun begitu, ia tidak berbahaya bagi manusia hanya saja beberapa hewan berbulu ini yang sudah terkena rabies akan menularkannya ke pemilik dengan gigitan atau cakaran sehingga Anda harus tetap berhati-hati.

Baca Juga  Berbagai Jenis Kucing Populer di Indonesia yang Bisa Anda Pilih untuk Dipelihara

Cara ia melumpuhkan mangsa juga bisa dikatakan cukup esktrim, di mana ia melumpuhkan mangsanya dengan menggigit bagian leher sehingga sistem saraf yang dimiliki mangsanya akan berhenti dan bisa membuatnya berhenti bernafas. Ia sebenarnya hidup berkoloni namun tidak menyerang bersama kelompoknya seperti layaknya singa. Hewan yang satu ini juga memiliki wilayah kekuasaan terutama bagi para pejantan yang aktif secara seksual.

Bagaimana Hewan Ini Berkembang Biak

Umumnya kucing akan membuahi pasangannya saat musim kawin tiba. Setelah itu ia akan hamil dengan masa gestasi kurang lebih selama 63 hari. Untuk yang baru lahir, hewan yang satu ini belum memiliki kemampuan untuk melihat atau buta dan tuli. Pada usia 8-10 hari barulah mata akan terbuka. Di usia ke 6-7 minggu, anak-anak akan mulai disapih oleh induknya dan memiliki kematangan seksual pada usia 10-15 bulan. Ia memiliki kemampuan mengandung hingga 4 janin dengan bagian yang berbeda untuk tiap janinnya.

Perilaku yang Ditunjukkannya

Kucing akan nyaman ketika pemelihara menggaruk bagian bawah leher. Apabila ia dalam kondisi senang atau berbahagia, Anda bisa mendengar kalau hewan ini mendengkur. Selain karena senang, terkadang ia juga akan melakukan hal yang sama ketika sakit atau akan mati agar keadaannya bisa lebih tenang serta tidak stres. Ia yang melahirkan dan menyusui juga sangat suka mendengkur. Ia juga memiliki kemampuan memberikan refleks meluruskan saat jatuh dari ketinggian. Perilaku lainnya yang begitu lucu adalah ia juga suka memijat. Seringkali perilaku ini dilakukannya untuk mengajak bermain kucing yang lain.

Post Tag With :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *