Home » Tanaman » Beragam Manfaat Hobi Berkebun yang Penting untuk Diketahui

Beragam Manfaat Hobi Berkebun yang Penting untuk Diketahui

Berkebun merupakan kegiatan yang sebenarnya tidak banyak menarik perhatian orang banyak. Karena hanya ada beberapa orang saja yang suka untuk melakukan kegiatan ini di tengah sibuknya jadwal pekerjaan yang dilakukan. Tetapi ternyata hobi yang satu ini mempunyai banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan untuk kesehatan. Tidak hanya dapat sebagai upaya untuk membuat alam lebih asri dengan menanam pohon, sayur, atau buah sendiri di rumah tetapi juga bermanfaat banyak untuk kesehatan. Misalnya saja beberapa manfaat yang bisa didapatkan untuk kesehatan dari hobi ini adalah sebagai berikut ini:

Beragam Manfaat Hobi Berkebun yang Penting untuk Diketahui 

  • Menurunkan berat badan

Manfaat pertama dari hobi menanam di kebun untuk kesehatan adalah dapat untuk menurunkan berat badan. Dimana kegiatan ini akan membuat tubuh lebih bergerak aktif dan juga mampu untuk membakar kalori dengan lebih baik. Dengan banyak bergerak ketika melakukan kegiatan ini juga bisa digunakan sebagai olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan. Bahkan juga dalam penelitian bahwa dengan melakukan hobi yang satu ini dengan rutin bisa untuk menurunkan berat badan hingga 7 kilogram. Oleh karena itulah bagi mereka yang suka dengan berbagai kegiatan di kebun akan mempunyai BMI yang lebih rendah. 

  • Menurunkan resiko penyakit jantung

Manfaat selanjutnya untuk kesehatan yang bisa didapatkan dari kegiatan berkebun ini adalah dapat untuk menurunkan resiko penyakit jantung. Anda dapat untuk menurunkan resiko penyakit jantung karena kegiatan ini termasuk juga dalam kegiatan atau aktivitas kardio. Sehingga dalam penelitian yang dilakukan oleh British Journal of Sport Medicine dapat untuk menurunkan penyakit jantung dan stroke hingga 30 persen. Karena manfaat ini maka bagi orang yang suka dengan kegiatan menanam kebun juga fisiknya lebih sehat dan bugar. 

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat selanjutnya yang dapat dirasakan adalah dapat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. bagi Anda yang suka dengan kegiatan ini tentu saja mengetahui apabila akan banyak berurusan dengan hal yang membuat kotor seperti tanah, cacing, dan juga hal lainnya. Akan tetapi justru bakteri yang ada dalam tanah yang biasanya digunakan untuk menanam tersebut akan dapat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga nantinya tidak mudah sakit dan juga lebih ampuh untuk melawan infeksi yang menyebabkan sakit. 

  • Otak lebih sehat

Dan manfaat terakhir dari hobi berkebun ini adalah dapat untuk menjaga kesehatan otak lebih sehat. Hobi ini dapat untuk menjaga kesehatan otak lebih baik seperti lebih melindungi kesehatan kognitif, dapat meningkatkan volume otak, dan juga dapat untuk menurunkan resiko penyakit alzheimer yang biasanya diderita oleh orangtua. Dengan melakukan kegiatan ini dapat mengurangi resiko terkena penyakit alzheimer hingga 50 persen.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *