Home » Mainan » Bentuk-bentuk Mainan Tradisional Anak Indonesia yang Masih Eksis Sampai Saat Ini

Bentuk-bentuk Mainan Tradisional Anak Indonesia yang Masih Eksis Sampai Saat Ini

Seiring dengan perkembangan zaman banyak ditemukan berbagai macam produk teknologi yang bisa menunjang aktivitas manusia, hal inilah yang mulai menyebabkan perubahan budaya, dimana banyak orang yang sudah jarang bergaul dengan lingkungan mereka dan lebih memilih untuk menggunakan teknologi sebagai sarana untuk melakukan komunikasi. Sejalan dengan hal ini juga banyak diantara budaya lokal yang mulai terabaikan, salah satu contohnya adalah mainan tradisional, keberadaannya sekarang ini mulai banyak digantikan oleh perangkat teknologi atau gadget.

Bentuk-bentuk Mainan Tradisional Anak Indonesia yang Masih Eksis Sampai Saat Ini 

Sebagaimana yang diketahui memang banyak sekali gadget yang ditawarkan saat ini dilengkapi dengan berbagai macam game di bagian dalamnya, tanpa harus banyak gerak maka buah hati bisa mendapatkan hiburan yang sangat mendukung. Meskipun di satu sisi hal tersebut bagus bagi orang tua karena bisa secara mudah mengontrol buah hati, namun juga ada kalanya kurang bagus, karena hanya akan membentuk jiwa individualis bagi buah hati, sehingga ditakutkan nantinya tak akan bisa bergaul dengan lingkungannya. 

Namun jangan khawatir karena saat ini masih banyak diantara jenis mainan tradisional yang terbilang masih eksis untuk anak-anak, diantaranya adalah: 

  1. Kelereng, permainan yang mengandalkan sebuah bola berbentuk kecil-kecil yang dimainkan bersama ini masih bisa dengan mudah dijumpai di pasaran dengan harga relatif terjangkau, anak-anak sendiri nyatanya juga banyak yang masih senang memainkannya.
  2. Tali, jika kelereng umumnya dimainkan oleh anak laki-laki, maka berbeda halnya dengan lompat tali, permainan yang satu ini dimainkan oleh anak perempuan, dengan mengandalkan sebuah tali yang disusun dalam bentuk simpul sehingga dapat menghasilkan panjang yang cukup untuk digunakan bermain, permainan yang tidak bisa dilakukan sendiri, paling tidak dilakukan dengan 3 orang.
  3. Layang-layang, bukan sekedar sebuah hiasan saja, layang-layang ini sebenarnya juga adalah sebuah permainan populer, tak hanya di dalam negeri, melainkan juga di luar negeri. Umumnya jenis permainan yang satu ini akan dimainkan oleh anak-anak ketika sudah memasuki musim kemarau, dimana angin berhembus kencang menjadi moment terbaik untuk menerbangkannya.
  4. Kasti, berbekal pemukul dan juga sebuah bola maka sudah cukup bagi buah hati untuk bisa memainkannya bersama dengan teman-teman mereka. Bentuk permainan yang satu ini juga disertai olahraga sehingga memberikan manfaat ekstra untuk buah hati Anda. Membuat mereka lebih sehat dan juga melatih kerjasama tim yang baik.

Baca juga beberapa mainan tradisional yang mulai terlupakan. Simak selengkapnya di hobibanget.com 

Masih bisa dengan mudah menjumpai sarana untuk bermain permainan tradisional tersebut dengan harga yang murah meriah, mainan tradisional ini agaknya membantu mereka untuk mendapatkan lebih banyak kebahagiaan di usia muda dengan cara bergaul dengan teman-teman sebayanya, tak hanya berdiam diri di rumah dan memegang gadget saja sebagai sarana hiburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *