Home » Mainan » Beberapa Jenis Mainan Tradisional Ini Pastinya Sangat Dirindukan Oleh Generasi 90-an

Beberapa Jenis Mainan Tradisional Ini Pastinya Sangat Dirindukan Oleh Generasi 90-an

Di zaman yang modern ini, hampir setiap alat yang kita gunakan sudah terdiri dari alat elektronik atau pun yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa untuk dapat lebih berguna pada masa ini. Hal tersebut pun mempengaruhi segala aspek pada kehidupan kita, hingga jenis mainan yang diberikan pada anak-anak zaman sekarang juga sangat berbeda. Hampir semua anak-anak kecil di Indonesia saat ini sudah menggunakan gadget dan menganggap gadget merupakan alat atau mainan yang begitu menyenangkan. Berbeda dengan zaman 90-an, dimana mainan tradisional masih menjadi primadona anak-anak pada saat tersebut. Ada begitu banyak jenis permainan yang dapat dimainkan pada zaman tersebut bersama dengan teman-teman, berbeda pada zaman sekarang yang lebih individualis. Pastinya generasi 90-an saat ini begitu rindu untuk bisa memainkan beberapa jenis mainan yang menggunakan beberapa alat tersebut. Berikut inilah beberapa jenis mainan yang paling sering dimainkan oleh anak-anak zaman dulu:

Beberapa Jenis Mainan Tradisional Ini Pastinya Sangat Dirindukan Oleh Generasi 90-an

  • Kelereng

Pastinya generasi 90-an pernah memiliki mainan yang satu ini dan berjumlah banyak serta terdiri dari berbagai jenis warna yang begitu indah. Baik anak laki-laki dan perempuan pun dapat bermain permainan tersebut dengan teman-teman mereka. Pastinya mainan inilah yang sering membuat Anda lupa waktu dan terkena omelan orang tua pada zaman dulu. Mainan ini tidak memiliki peraturan yang sah, Anda bisa memainkannya sebagaimana yang diinginkan dan menciptakan peraturan sendiri. Namun jika ada kelereng yang terkena pukul, maka kelereng tersebut harus keluar. 

  • Congklak

Jenis mainan tradisional yang satu ini juga pastinya pernah dimainkan oleh seluruh anak perempuan kelahiran 90-an. Permainan ini merupakan jenis yang paling populer pada tahun tersebut dan memang kebanyakan yang memainkannya adalah anak perempuan. Untuk bermain, Anda harus memiliki papan congklaknya serta memiliki bijinya, yang dimana setiap lubang kecilnya akan diisikan 7 buah biji. Sedangkan lubang besar akan dijadikan sebagai rumah dimana mengisi biji sebanyak-banyaknya.

  • Lompat Karet

Permainan yang satu ini hanya membutuhkan karet yang dirangkai serta disambung menjadi panjang dan menyerupai sebuah tali. Permainan yang memang lebih banyak dimainkan oleh anak perempuan ini biasanya memerlukan dua orang sebagai pemegang tali karet pada ujung-ujungnya. Para pemainnya pun harus melompatinya tanpa menyentuh karet tersebut. Nantinya ketinggian karet akan terus dinaikkan dan memberikan tantangan tersendiri.

  • Gasing

Meski sekarang ini mainan tradisional ini dibuat dalam model yang modern, namun tetap saja tidak akan bisa mengganti keseruan yang didapat oleh anak-anak zaman dulu ketika memainkannya. Biasanya, mereka akan mengadukan gasing tersebut dan yang paling lama memutar dialah pemenangnya. Pastinya berbagai permainan zaman dulu ini begitu dirindukan oleh generasi 90-an yang sekarang ini sudah beranjak dewasa.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *