Home » Koleksi Barang » Barbie, Boneka Tersukses  Sepanjang Sejarah

Barbie, Boneka Tersukses  Sepanjang Sejarah

Setidaknya  sudah 50 tahun, anak – anak perempuan  diseluruh dunia tumbuh besar bersama boneka ini. Boneka Barbie namanya. Barbie yang  berbentuk wanita dewasa dengan rambut pirang dan wajah yang sangat cantik. Karakter cantik, feminim, aktif dan smart sengaja ditonjolkan dalam mainan  ini.  Barbie masih tetap eksis sampai saat ini. Kehadirannya menjadi jaminan keceriaan dari anak – anak perempuan diseluruh dunia. Mereka bisa memainkannya selama berjam – jam tanpa merasa bosan. Sungguh luar biasa. Jadi tidak salah kalau mengatakan  Barbie, boneka tersukses sepanjang sejarah.

Barbara Millicent Roberts. Itulah nama lengkapnya dalam diwujudkan dalam karakter diserangkaian novel  terbitan Random House tahun 1960an. Dalam rangkaian novel itu digambarkan bahwa  Barbie adalah anak dari George dan Margareth Roberts dari kota willows, wisconcin. Disitu juga digambarkan bahwa Barbie mempunyai kekasih bernama Ken Carson. Ken sendiri kemudian menjadi karakter boneka Barbie selanjutnya. Dua tokoh yang menjadi gambaran sebuah pasangan ideal gambaran anak – anak perempuan diseluruh dunia.

Barbie yang kemudian menjadi patokan gaya hidup impian anak – anak perempuan itu,siapa sangka berasal dari sebuah ide sederhana.  Ruth Handler seorang pengusaha wanita Amerika suatu saat meilhat Barbara anak perempuannya sedang bermain boneka kertas. Ia melihat Barbara sangat senang sekali menjadikan seolah – olah boneka itu wanita dewasa. Disatu sisi Ruth melihat bahwa boneka  yang ada dipasaran selalu mempresentasikan tentang bayi yang lucu. Sebagai seorang pebisnis, ia melihat ini sebagai peluang. Ia menyampaikan idenya untuk membuat boneka dengan tubuh orang dewasa kepada Elliot, suaminya yang juga pendiri perusahaan mainan, Mattel. Ide ini disambut dengan antusias oleh suaminya saat itu.

Akhirnya 9 Maret 1959, boneka Barbie pertama kali dikenalkan di American Intenational Toy Fair, di New York.  Tanggal ini pula yang dijadikan sebagai hari ulang tahun resmi Barbie. Karakter Barbie sendiri terinspirasi dari Boneka Lili yang ia temukan pada sebuah perjalanan ke Eropa pada tahun 1956. Lili yang berkarakter gadis berambut pirang, pertama kali dijual di Jerman pada tahun 1955.

Sejak pertama kali diluncurkan tidak kurang dari 100.000 kolektor Barbie. Wanita berusia 40 tahunan adalah 90% diantaranya. Mereka membeli lebih dari 20 Barbie setiap tahunnya.  45% dari mereka menghabiskan  $ 1000 setahun . Sungguh luar biasa, bagaimana Berbie sangat dicintai oleh penggemarnya.

Selain Ken Carson, Mattel sebagai produsen Barbie juga menciptakan karakter lainnya sebagai teman Barbie. Teresa Hispanik, Midge, African American Christie dan Steven pacarnya. Selain itu ada juga karakter lainnya seperti Skipper, Todd, Stacie, Kelly, Krissy, Francie dan Blaine. Inovasi inilah yang membuat  Barbie terus bertahan sampai saat ini.

Post Tag With :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *