Home » Resep » Bahan Penting dan Tips Membuat Kue Agar Mengembang

Bahan Penting dan Tips Membuat Kue Agar Mengembang

Hampir semua orang pasti menyukai kue. Baik kue yang kering atau pun kue basah seperti bolu, brownies, atau kue kukus. Jika Anda senang memasak atau membuat kue, tentunya Anda harus menyediakan bahan-bahan penting yang digunakan untuk buat kue tersebut dan bagaimana membuat kue mengembang sempurna. Untuk itu, simak ulasan berikut.

Bahan Penting dan Tips Membuat Kue Agar Mengembang

Sebelum membuat kue, tentunya Anda harus menyiapkan bahan-bahan yang harus ada dan tidak boleh dilewatkan. Apa sajakah bahan-bahan tersebut?

  • Tepung Terigu

Merupakan bahan yang mengandung karbohidrat. Digunakan sebagai bahan baku untuk membuat berbagai macam aneka kue. Tepung terigu ini bervariasi dan macam-macam jenisnya. Jika untuk adonan kue kering, lebih baik menggunakan terigu berprotein rendah. Sedangkan kue basah seperti bolu memakai tepung berprotein sedang. Berbeda juga dengan adonan kue seperti donat atau roti, sebaiknya, gunakan terigu dengan kadar protein tinggi.

  • Telur Ayam

Hampir semua kue menggunakan telur sebagai bahan dasarnya. Telur ini berguna untuk pengembang, perekat atau penambah rasa gurih di kue. Anda juga harus perhatikan takaran jumlah telur yang digunakan. Sesuaikan dengan setiap resep adonan. Kadang ada juga kue yang hanya menggunakan kuning telurnya saja.

  • Gula

Kebanyakan kue rasanya manis, oleh karena itu, gula juga menjadi bahan yang sangat penting dalam membuat kue. Sesuaikan takaran yang digunakan, jangan berlebihan agar tidak terlalu manis, pun jangan terlalu sedikit agar tidak hambar. Untuk memudahkan proses dan mempercepat adonan jadi, Anda bisa gunakan gula halus.

  • Margarin

Margarin ini juga cukup penting, biasanya digunakan sebagai bahan untuk memberi citarasa dan aroma yang menggugah. Rasanya juga jadi lebih enak dan gurih. Bedakan antara mentega dan margarin. Biasanya, untuk kue bolu biasa, gunakan mentega. Sedangkan untuk kue kering atau cookies, pakai margarin.

  • Bahan Pelengkap

Adapun bahan lain sebagai pelengkap, di antaranya seperti vanili, pengembang, soda kue, cream, susu, pewarna kue, cokelat, buah-buahan kering, atau pun bahan lainnya untuk menambah cita rasa yang lebih enak dan aroma yang lezat.

Tips agar Kue Mengembang

Ada kalanya, saat Anda membuat kue, adonan kue tidak mengembang. Bahkan bisa membuat kue jadi keras atau bantat. Lalu, bagaimana cara agar kue bisa mengembang dan punya tekstur yang sempurna? Berikut tipsnya:

  • Gunakan takaran resep yang tepat. Jika Anda menggunakan semua bahan adonan dalam membuat kue itu sesuai dengan resep, kue pun akan anti gagal dan mengembang dengan sempurna.
  • Sebaiknya, Anda jangan langsung mencampurkan gula. Sebaiknya campurkan gula setelah telur benar-benar mengembang dan berbuih seperti cream.
  • Sebelum memanggang kue, atur dulu oven dengan temperatur yang tepat. Jangan gunakan api terlalu kecil, atau pun terlalu besar.
  • Setiap orang pasti akan penasaran dengan kue yang dipanggangnya. Namun, jangan sampai membuat Anda terus menerus membuka oven. Cukup hanya mengecek sekali dua kali saja.
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *