Home » Koleksi Barang » Angklung Merupakan Alat Musik Tradisional Yang Mendunia

Angklung Merupakan Alat Musik Tradisional Yang Mendunia

Angklung merupakan alat musik tradisional bernada multitonal yang terbuat dari bambu berasal dan berkembang dari Jawa Barat. Memainkan alat musik ini dengan cara menggoyangkan sehingga benturan – benturan yang diakibatkannya menghasilkan sebuah bunyi nada yang beraturan. Nada yang dihasilkan bisa diaplikasikan ke dalam musik modern dan tradisional. Angklung merupakan alat musik tradisional yang mendunia. Hal ini dibuktikan dengan pada tahun 2010 UNESCO menetapkan angklung merupakan salah satu warisan dunia yang perlu dilestarikan.

Sejak zaman dahulu banyak pohon bambu  tumbuh subur di Indonesia khususnya daerah Jawa Barat sehingga pohon bambu tersebut sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kepentingan sehari – hari mulai dari peralatan rumah tangga, dijadikan bahan masakan dan keperluan lainnya. Hal ini dimanfaatkan oleh seorang seniman Daeng Soetigna untuk menciptakan angklung diatonis dengan tujuan supaya angklung bisa diterima diberbagai dunia dengan memainkan musik – musik internasional. Beliau aktif mengenalkan alat musik tradisional ini ke berbagai daerah di Indonesia bahkan ke berbagai Negara. Setelah Daeng Soetigna wafat tahun 1984, pelestarian angklung diteruskan oleh seorang seniman yang bernama Udjo Ngalagena dan istrinya Uum Sumiati. Sebetulnya Udjo Ngalagena telah menekuni alat musik angklung ini sejak seniman Daeng Soetigna masih hidup.

Perlahan tapi pasti, pada tahun 1966 Udjo Ngalagena dan istrinya Uum Sumiati mendirikan suatu wadah atau tempat bernama Saung Angklung Udjo yang bisa dijadikan tempat untuk menyelenggarakan suatu pertunjukan seni, pusat kerajinan tangan dari bambu sekaligus workshop alat musik angklung dan alat musik berbahan bambu lainnya. Adapun tujuan utama didirikannya tempat ini adalah sebagai pusat pendidikan dan pembelajaran dalam melestarikan alat musik yang berbahan bambu terutama angklung.

Baca Juga:Tips Memilih Alat Musik Tradisional yang Sesuai

Saung Angklung Udjo terus memperkenalkan angklung baik ke berbagai daerah di  Indonesia maupun ke berbagai Negara. Di Saung Angklung Udjo sendiri selalu menyelenggarakan pertunjukan – pertunjukan  seni  untuk menyambut kunjungan wisatawan dalam negeri dan luar negeri sehingga alat musik angklung semakin dikenal di dunia.

Saung Angklung Udjo mempunyai peran besar dalam melestarikan alat musik tradisional dengan memperkenalkan alat musik angklung ke seluruh dunia. Banyak sekali pertunjukan – pertunjukan yang telah diselenggarakan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Salah satu pertunjukan di dalam negeri antara lain pada tanggal 23 April 2015 Pemerintahan Kota Bandung bekerja sama dengan Saung Angklung Udjo dengan melibatkan masyarakat umum menyelenggarakan pertunjukan angklung dengan jumlah peserta lebih dari 20 ribu peserta. Pertunjukan ini memecahkan rekor dunia kategori pertunjukan angklung dengan jumlah peserta terbanyak. Sebelumnya pada tahun 2011 di Washington DC  pernah diselenggarakan pertunjukan angklung dengan jumlah peserta lebih dari 5 ribu peserta dengan menghadirkan putra pendiri Saung Angklung Udjo untuk memimpin pertunjukan ini.

Masyarakat dunia semakin mengakui bahwa angklung sebagai alat musik yang berasal dari Indonesia ketika UNESCO memasukkan angklung sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia yang perlu dilestarikan. Dengan diakuinya tersebut masyarakat Indonesia terutama masyarakat Jawa Barat harus terus menjaga  dan melestarikan alat musik angklung supaya tidak terlupakan dan diakui oleh Negara lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *