Home » Hobi ekstrim » Anda Punya Motor Cross? Usahakan Dirawat dengan 4 Kiat Ini Agar Awet

Anda Punya Motor Cross? Usahakan Dirawat dengan 4 Kiat Ini Agar Awet

Suka dengan aksi balap motor? Apabila menjawab iya maka dipastikan cukup familiar dengan kendaraan bernama motor cross. Motor jenis ini berbeda dengan motor balap jenis GP yang bodynya dibuat bongsor sekaligus memakai ban yang dirancang melaju di sirkuit beraspal yang super mulus. Motor jenis cross ini lebih ditujukan untuk melintasi sirkuit balap yang berupa jalanan berlumpur sehingga lebih sering dilakukan di kawasan pinggiran ataupun pegunungan. Medannya tentu jauh lebih sulit apalagi sengaja dibuat berlumpur untuk meningkatkan sensasi ekstrimnya.

Anda Punya Motor Cross? Usahakan Dirawat dengan 4 Kiat Ini Agar Awet

Kiat Merawat Motor Balap Jenis Cross

Agar bisa memenangkan balapan sekaligus tetap aman melintasi sirkuit balap yang didesain penuh lumpur dan gundukan di beberapa titik. Maka pastikan memakai motor yang kondisinya mendukung oleh sebab itu rawat motor Anda dengan kiat-kiat berikut:

  • Pastikan kondisi ban mendukung,

Untuk menjaga performa motor jenis ini tetap baik ketika dipakai balapan maka penting untuk rutin mengecek kondisi ban. Ban ini wajib memiliki pola yang masih bagus dan dalam untuk memastikan daya cengkramnya ke jalan masih maksimal. Resiko slip bisa dihindari, dan sebelum balapan pastikan tekanan banyak juga sudah tepat.

  • Selalu memperhatikan kebersihan motor,

Membiarkan motor cross dalam kondisi kotor untuk waktu yang lama bisa mendatangkan banyak masalah. Dimulai dari bobot motor yang lebih berat sehingga membebani kinerja mesinnya yang membuatnya mudah panas dan boros bahan bakar serta bergerak lebih lambat. Ditambah dengan kemungkinan komponen vital menjadi karatan, maka usai balapan segera dicuci sampai bersih sebab memastikannya selalu dalam kondisi bersih menjamin kondisinya selalu prima.

  • Ganti onderdil lebih sering,

Namanya saja motor yang dipakai untuk balapan di medan yang ekstrim dan terjal, sudah tentu butuh sokongan onderdil berkualitas. Setiap kali selesai balapan segera larikan ke bengkel untuk memeriksa ada komponen atau onderdil apa saja yang rusak dan musti diganti. Hal ini penting dilakukan karena ketika motor dipacu dengan kecepatan tinggi dan melintasi jalanan yang kondisinya buruk. Otomatis umur onderdilnya semakin pendek maka usahakan lebih sering ganti sparepart ketimbang motor di rumah yang Anda pakai PP ke kantor atau kampus.

Simak juga beberapa perlengkapan yang mesti di pakai ketika melakukan olahraga yang satu ini. Baca selengkapnya di hobibanget.com

  • Gunakan oli dan bahan bakar berkualitas,

Untuk mendukung performa mesin motor jenis cross ini maka Anda disarankan untuk selalu memperhatikan kualitas pelumas dan bahan bakar. Gunakan oli yang memang sesuai dengan karakter mesin motor yang dimiliki tersebut dan cari merek produk oli paling terkenal. Sebab biasanya memiliki mutu yang lebih baik, sekaligus pakai bahan bakar dengan kualitas tinggi supaya kinerja mesin terdukung dengan baik. Asalkan melakukan pengisian tangki bensin dan ganti oli tepat waktu maka dijamin motor cross Anda akan terawat baik.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *