Home » Koleksi Barang » Alat Musik Tradisional Indonesia yang Paling Terkenal

Alat Musik Tradisional Indonesia yang Paling Terkenal

Ada banyak bahasa yang ada di dunia, hal ini dikarenakan setiap negara memiliki bahasa yang tidak sama. sehingga hal inilah yang menjadikan musik yang dimiliki setiap negara pun juga memiliki musik yang berbeda pula. Terlebih lagi untuk alat musik tradisional yang ada di setiap negara pun juga sangatlah beragam. Khususnya untuk negara Indonesia yang menyuguhkan banyak pilihan alat musik yang sangatlah menarik dan memiliki sejarah yang sangat kental dengan budaya.

 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Paling Terkenal

Dari sekian banyaknya pilihan alat tradisional yang ada di Indonesia, maka Anda dapat untuk mengetahuinya melalui beberapa ulasan yang ada di bawah berikut ini yang akan membantu diri Anda agar bisa mengetahui lebih mendetail lagi mengenai kekayaan Indonesia akan alat musik yang dimilikinya. Berikut ini ada beberapa jenis alat musik tradisional  yang dapat untuk Anda ketahui, yaitu: 

  • Gamelan.

Gamlan merupakan ensembel instrumental yang berasal dari Indonesia. gamelan ini pada umumnya terdiri dari instrumen perkusi perunggu. Setiap gamelan memiliki suara dan tuning yang berbeda untuk mencegahnya dipertukarkan satu sama lain. Gamelan dimainkan dengan cara tradisional tetapi sangat populer di negara-negara asing, bahkan gamelan ditambahkan ke kurikulum.

  • Angklung.

Angklung merupakan jenis alat musik tradisional yang sering dilakukan konser dunia atau pertunjukan musik dunia. angklung terbuat dari beberapa tabung bambu yang melekat pada bingkai bambu. Tabung-tabung diukir sehingga memiliki nada resonansi. Untuk satu tangan memegang bingkai sedangkan untuk tangan lain mengguncangkan instrumen.

  • Kolintang.

Alat musik tradisional Kolintang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara yang terbuat dari kayu lokal yang diletakkan secara horizontal.

  • Gambus.

Gambus merupakan alat musik gesek yang berasal dari Riau. Alat musik ini dimainkan seperti gitar, Anda mencabutnya dengan jari. Alat mudi gambus biasanya digunakan sebagai cara untuk menyebarkan Islam di masa lalu.

  • Gendang Melayu.

Ini adalah salah satu alat musik paling favorit di Indonesia. Meskipun gendang hanya dianggap sebagai alat musik pelengkap tetapi popularitasnya tidak main-main.

Peran dari alat musik ini sangatlah penting sekali yang wajib dimiliki oleh setiap negara. Sedangkan untuk setiap negara ini pun juga memiliki banyak jenis dan macam dari alat musik yang dapat untuk Anda ketahui, setiap alat musik akan memiliki tata cara penggunaan yang beragam pula. Terlebih lagi untuk Anda yang belum mengetahui jenis dan macam alat musik, maka Anda dapat mengetahui beberapa ulasan di atas.

Penting bagi Anda sebagai warna negara mengetahui pada jenis dan macam dari alat musik tradisional yang ada di Indonesia. terlebih lagi untuk peran alat alat musik memiliki kegunaan yang sangatlah beragam. Seperti yang telah Anda baca pada ulasan yang ada di atas yang menyuguhkan banyak pilihan macam dan jenis alat musik tradisional.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *