Home » Koleksi Barang » Alat Musik Tradisional Dari Bali

Alat Musik Tradisional Dari Bali

Hampir setiap suku ataupun propinsi memiliki alat musik tradisional, termasuk juga dengan Bali. Bali, bukan cuma saja terkenal dengan destinasi wisata-nya yang menarik. Bali juga mempunyai sejarah alat musik tradisional yang menarik juga untuk dipelajari oleh kita sebagai warga Indonesia. Alat musik ini dimainkan untuk mengiringi pementasan seni tari, seni suara, sendratari, bondres, drama gong, wayang dan juga untuk keperluan upacara agama. Berbagai kreasi baru diciptakan oleh para seniman Bali yang bisa dinikmati sekarang, bahkan warisan budaya seni ini terkesan berkembang dengan cukup bagus, hasil kreatif dan inovatif seiring Bali dijadikan sebagai tujuan wisata dunia, seni musik tradisional Bali bahkan dijadikin komoditi yang diterima baik oleh para wisatawan mancanegara. Bahkan beberapa alat-alat musik tradisional merambah dunia expor, tapi yang terpenting adalah mengenalkan buaya seni tradisional ke dunia internasional. Berikut adalah beberapa alat musik tradisional dari Bali yang masih dilestarikan hingga saat ini :

  • Genggong

Alat musik Genggong merupakan salah satu instrumen getar yang unik. Suara yang ditimbulkan kabarnya melahirkan keunikan tersendiri. Anda kenal dengan suara katak yang bersahutan di sawah? Terkesan begitulah suara musik yang dihasilkan dari alat musik Genggong. Selain itu, keunikannya lain yang dimilik Genggong adalah dengan cara memainkannya, yaitu Keunikannya yang lain adalah alat musik zaman dulu ini memanfaatkan rongga mulut orang yang membunyikannya sebagai resonator.

  • Pereret

Alat musik tradisional Bali yang kedua ini dikenal dengan nama Pereret. Alat musik tempo dulu ini adalah alat musik kuno sejenis trompet yang terbuat dari bahan kayu yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi trompet.Kegunaan alat musik ini yaitu dimanfaatkan untuk mengiringi kesenian Sewo Gati. Berdasarkan sejarahnya, pada saat itu di Bali istilah Pereret dikenal dengan sebutan pengasih asih. Mitos yang berkembang, dikarenakan biasanya alat musik ini sering dipakai oleh perjaka untuk mengguna-gunai seorang gadis yang dicintai nya.

Baca Juga: Tips Keren Cepat Mahir Bermain Gitar Bagi Pemula

  • Ceng-ceng

Dalam beberapa istilah kata Ceng-ceng tidak terpisah, menjadi cengceng. Menurut informasi, alat musik Ceng-ceng adalah bagian penting dari seperangkat gamelan Bali, pasalnya alat musik zaman dahulu ini akan menimbulkan efek suara yang dinamis pada saat di mainkan dengan gamelan. Ceng-ceng terdiri dari enam buah logam bundar yang berada di bawah dan dua logam bundar di bagian atas.

  • Jegog

Alat musik yang terbuat dari pohon bambu yan di susun sedemikian besar,jegog ini di bunyikan dengan cara di tabuh.jegog ini di minkan dengan group.

  • Rindik

Alat musik yang terbuat dari bambu utuh dengan panjang yang berbeda-beda yang diletakkan berjejer, dimainkan dengancara dipukul, sehingga menghasilkan suara yang merdu, bisa digunakan untuk mengiringi tari hiburan bernama joged bungbung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *