Home » Koleksi Barang » Alat Musik Tradisional Betawi

Alat Musik Tradisional Betawi

Pada dasarnya, alat-alat musik yang menjadi ciri khas budaya di Jawa Barat dan Jawa Tengah juga di mainkan juga di pertunjukan musik Betawi. Di pertunjukan seni atau orkes kesenian musik Betawi, berbagai jenis alat musik di jumpai, mulai dari alat musik tiup, alat musik pukul dan alat musik petik serta gesek. Semua alat-alat musik itu saling mengisi sehingga menghasilkan alunan musik yang enak di telinga pendengar. Tidak tahu sampai kapan kesenian tradisional Betawi bisa eksis ditengah arus musik-musik modern dari luar negeri. Ini tugas kita bersama untuk melestarikannya. Berikut beberapa alat musik tradisional Betawi yang harus kita jaga :

  • Saron

Alat musik yang bernama Saron dikenal sebagai salah satu instrumen Gamelan yang termasuk keluarga Balungan. Nama lain Saron adalah ricik. Dalam pertunjukan adat Betawi, alat musik ini selalu tampil dimainkan oleh musisi secara tradisional.

  • Kendang

Dikenal sebagai alat musik Jawa Tengah dan Jawa Barat, rupanya Kendang juga populer pada kesenian musik Betawi dalam berbagai acara, baik acara sekedar hiburan atau acara adat pada hari besar tertentu.

  • Gong

Alat musik Gong menurut informasi yang didapat, adalah sebuah alat musik pukul yang terkenal di Asia Tenggara dan Asia Timur. Gong ini digunakan untuk alat musik tradisional diberbagai daerah, termasuk juga Betawi. Selain itu, untuk peresmian acara tertentu, Gong juga sering menjadi simbol peresmian acara.

  • Mandolin

Mandolin merupakan alat musik petik tradisional yang mempunyai senar dan dimainkan seperti biola. Alat musik ini sering ditemukan pada acara pertunjukan adat Betawi.

  • Akordeon

Masuk dalam golongan Organ, hanya saja Akordeon relatif kecil dan dimainkan dengan cara digantungkan di badan manusia.

  • Tamborin

Tamborin merupakan alat musik perkusi. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditabuh dan digoyangkan. Bahan untuk membuat alat musik Tamborin adalah bingkai kayu bundar yang dilengkapi dengan membran pelapis dari kulit sapi atau plastik.

  • Rebab

Alat musik ini, ada yang menyatakan merupakan salah satu alat musik tradisional bagi masyarakat Melayu, di Kabupaten Bintan Kepulauan Riau (Kepri). Entah bagaimana bisa, alat musik Rebab juga populer di Jawa dan Betawi. Bahkan, kata Rebab sendiri kabarnya berasal dari bahasa Arab. Mungkin karena mayoritas rakyat Indonesia penduduknya beragama Islam. Dominasi itu dari Melayu dan Jawa.

  • Tehyan

Ini adalah alat musik yang kabarnya berasal dari Jakarta (Betawi). Hadirnya alat musik Tehyan merupakan perpaduan Tionghoa dan Jawa. Cara memainkan alat Tehyan ini yaitu dengan cara di gesek.

  • Gambang

Alat musik ini merupakan alat musik tradisional yang terdiri dari 18 bilah bambu, dan cara memainkannya dengan cara dipukul. Gambang sering digunakan dalam kesenian gambang kromong Betawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *