Home » Koleksi Barang » Alat Musik Modern : Biola

Alat Musik Modern : Biola

Alat Musik Modern : Biola merupakan salah satu alat musik yang mengunakan senar. Alat music dawai dengan empat senar ini dimainkan dengan cara digesek. Masing-masing senar adalah G-D-A-E dengan nada paling rendah adalah G.

Menurut catatan kuno, pada 5.000 tahun yang lampau, cikal bakal Biola berasal dari  bangsa Aria di India. Raja Ravana dari negara Sri Langka telah menciptakan alat musik yang menggunakan senar-busur, yakni Ravanastron. Kemudian, pada awal abad ke 1, Ravanastron menyebar ke Afghanistan dan Persia. Dalam sejarah tercatat bahwa alat musik gesek Biola pertama kali diperkenalkan di Itali, kota Turin pada tahun 1523. Bentuk biola tersebut dipajang dalam bentuk patung atau skulptur “malaikat kecil bermain biola” di sebuah gereja di Vercelli. Biola pertama terdiri dari 3 senar. Sejak tahun 1540 biola mempunyai 4 senar dengan bentuk yang tidak terlalu berbeda dengan biola sekarang. Jenis biola tersebut berasal dari daerah Itali bagian utara. Oleh karena itu pembuat biola yang terkenal adalah dari Itali.

Dibandingkan dengan alat musik modern yang sangat banyak dimainkan, bermain biola memang menjadi tantangan tersendiri. Bagi pemula, tidak ada salahnya membeli biola sendiri bila memang ingin serius belajar. Tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli biola sendiri. Berikut beberapa tips membeli biola yang perlu diperhatikan :

  • Ukuran biola

Ukuran biola ada bermacam-macam. Yang paling besar berukuran 4/4 atau disebut juga full size. Ukuran ini tidak disarankan untuk anak-anak. Untuk orang dewasa sebaiknya pilih ukuran 4/4 atau 3/4.

  • Kualitas kayu

Untuk instrumen seperti biola, kualitas kayu sangat menentukan. Tidak hanya kualitas suara, ketahanan juga dipengaruhi oleh jenis kayu. Kalau kayu berkualitas jelek, biola malah mudah rusak.

Baca Juga: Alat Musik Modern

  • Senar Biola

Senar biola dibagi menjadi tiga jenis. Yang paling mahal dan sulit dirawat namanya gut. Yang kedua, baja. Yang ketiga, senar sintesis. Senar yang terakhir ini mampu menghasilkan nada jernih dan lembut. Untuk pemula, senar jenis sintesis yang direkomendasikan.

  • Kelengkapan

Selain bow dan biola ada beberapa kelengkapan lain yang sebaiknya disediakan juga, seperti penjaga dagu, shoulder rest, tas biola, maupun rosin.

  • Dengarkan biola dari dekat dan dari jauh

Sebagaimana memainkan instrumen lain, ada perbedaan saat memainkan sebuah instrumen, mendengarkan dari dekat dengan mendengarkannya dari jauh. Inilah yang menjadi alasan lain membawa seorang teman. Jika teman yang dibawa bisa memainkan biola, cobalah dengarkan dari jarak cukup jauh. Kita akan bisa mendengarkan bagaimana suara biola dari sudut pandang pendengar, bukan hanya dari pemain.

  • Coba sebelum beli

Jangan pernah membeli biola sebelum mencoba. Cobalah lebih dari satu biola sampai mendapatkan jenis biola yang cocok. Bawalah beberapa bow untuk mencoba biola-biola tersebut. Biasanya bow dan biolanya bisa dibeli terpisah, jadi kita bisa mempersiapkan bow sendiri. Mainkan biola dengan bow berbeda untuk mendapatkan kombinasi yang paling cocok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *