Home » hobi » 8 Alat Perlengkapan Tenis yang Harus Diketahui Pemain Pemula

8 Alat Perlengkapan Tenis yang Harus Diketahui Pemain Pemula

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yakni dengan rutin berolahraga. Terdapat berbagai jenis olahraga yang dapat dipilih mulai dari jenis yang dapat dimainkan single maupun double. Salah satu contoh olahraga menyehatkan dan menyenangkan yang menjadi favorit adalah tenis.  Permainan ini membutuhkan kondisi pemain yang prima karena mengharuskan untuk berlarian di lapangan untuk menjemput bola. Bagi para pemula harus mengetahui terlebih dahulu perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan, diantaranya yaitu :

8 Alat Perlengkapan Tenis yang Harus Diketahui Pemain Pemula

Bola

Hal terpenting dalam permainan tenis adalah bola. Bola yang digunakan pada permainan ini bentuknya menyerupai bola kasti. Pada pertandingan professional harus menggunakan bola berwarna putih dan kuning dengan diameter 2,5 dan 2,63 inci. Berat bolanya harus mencapai 1,98 hingga 2,08 ons. Peraturan lain yang harus diketahui adalah bola yang memantul harus diantara 53 hingga 58 inci dari ketinggian pantulan 100 inci. Pada umumnya bola ini akan kehilangan daya pantulnya setelah 3 jam dalam permainan sehingga sebaiknya menyiapkan tambahan bola ekstra agar permainan dapat berlangsung dengan lancar dan tentunya tetap menyenangkan.

Raket (Alat Pemukul)

Alat pemukul atau raket yang digunakan para pemain tenis tersedia dalam berbagai bentuk yang memiliki fungsi masing-masing. Raket yang digunakan orang dewasa berukuran panjang 27 inci, sedangkan bagi anak-anak dan remaja menggunakan ukuran yang lebih kecil. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah kenyamanan raket saat digunakan.

Handuk

Perlengkapan ini harus ada dalam saat Anda berolahraga maupun bertanding karena berfungsi untuk mengusap keringat agar tidak mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan. Pastikan untuk memilih bahan handuk yang ringan dan mudah menyerap keringat sehingga dapat digunakan dengan nyaman.

Pakaian

Bagi yang berolahraga tenis secara rutin sangat disarankan menggunakan pakaian khusus untuk olahraga, sedangkan bagi yang mengikuti perlombaan permainan ini diwajibkan untuk mengenakan kaos dan celana berwarna putih karena akan memantulkan cahaya matahari sehingga para atlit dapat bertanding dengan nyaman. Pakaian khusus ini bisa didapatkan di toko olahraga terdekat serta pilihlah bahan yang mudah menyerap keringat.

Sepatu

Selain pakaian, sepatu merupakan perlengkapan penting lainnya yang harus dimiliki karena dengan pemilihan desain yang tepat, maka keseimbangan pola permainan akan mudah didapat. Selain itu juga berfungsi untuk meminimalisir cedera saat bermain tenis.

Topi

Permainan ini biasanya dilakukan pada siang hari sehingga Anda perlu menggunakan topi agar pandangan tidak silau serta berfungsi pula untuk memberikan kenyamanan khususnya bagi pemain wanita yang berambut panjang

Sweatbands

Selain topi, Anda dapat menggunakan sweatbands untuk mencegah keringat menetes ke mata serta menjaga wajah serta tangan agar selalu kering.

Tas

Tas adalah peralatan yang harus dibawa agar memudahkan Anda dalam membawa peralatan dan perlengkapan olahraga tenis adalah tas.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *