Home » Hobi Menyehatkan » 7 Teknik Wajib yang Harus Dikuasai Pemula Sebelum Mulai Diving

7 Teknik Wajib yang Harus Dikuasai Pemula Sebelum Mulai Diving

Diving atau menyelam menjadi salah satu hobi dimana penyelam bisa menikmati keindahan bawah laut secara langsung. Akan tetapi, tidak semua orang bisa menyelam karena butuh lisensi atau keahlian khusus yang wajib dikuasai oleh penyelam agar tidak terseret dan terbawa ombak saat Anda mulai menyelam. Terdapat 7 teknik dasar yang wajib dikuasai. Pertama adalah bernafas. Saat menyelam, Anda harus menggunakan alat khusus agar bisa bernafas. Teknik pernafasan sangat penting karena jika salah dalam bernafas bisa membuat Anda menggunakan oksigen terlalu banyak sehingga tidak cukup digunakan untuk proses penyelaman Anda. Kunci dari teknik ini adalah tenang dan tidak mudah panik.

7 Teknik Wajib yang Harus Dikuasai Pemula Sebelum Mulai Diving   

Kedua adalah berenang. Sebelum Anda menyelam di laut, Anda akan dilatih di kolam atau tempat yang sudah dipersiapkan dan dipandu instruktur. Teknik ini harus dikuasai karena akan membantu Anda untuk melakukan pergerakan saat ada di dalam laut. Anda perlu tahu kapan harus mengayuh atau menggerakkan kaki secara perlahan atau kencang karena tidak hanya akan mempengaruhi cara bernafas Anda namun juga tenaga Anda. 

Ketiga adalah ekualisasi. Saat diving tekanan udara dari luar bisa membuat telinga Anda menjadi sakit apalagi jika Anda menyelam di tempat yang mempunyai arus yang cukup deras. Karena hal tersebut teknik ekualisasi sangat diperlukan. Caranya adalah dengan menjepit hidung kemudian menghembuskan udaranya lewat hidung atau bisa dengan menelan ludah ataupun menggerak-gerakan rahang.

Keempat adalah regulator clearing. Teknik ini wajib dikuasai untuk menghadapi kejadian dimana selang yang Anda gunakan tersebut mengalami kebocoran sehingga membuat air masuk ke dalam. Solusinya adalah dengan menekan bagian tombol purge atau meniup regulator dengan cara manual hingga air laut keluar. Kelima adalah regulator recovery. Teknik ini harus dikuasai agar Anda bisa menghadapi kejadian ketika mouthpiece Anda lepas saat Anda masih menyelam. Caranya adalah dengan menggapai ujung dari regulator yang tersambung ke bagian tabung dan kemudian menelusuri bagian tersebut hingga ke Anda bisa memegang mouthpiece dan kemudian mengenakannya kembali.

2 teknik yang lain yang harus dikuasai oleh seseorang yang hendak melakukan diving yaitu:

  • Masker cleaning yang dilakukan saat masker yang Anda gunakan tersebut sedang berembun. Caranya adalah dengan memasukkan sedikit air lewat atas dari masker kemudian kocok agar air yang Anda masukkan tersebut bisa menghilangkan embun kemudian buka sedikit bagian bawahnya sambil Anda menghembuskan udara agar air dalam masker bisa keluar.
  • Cara naik ke permukaan. Untuk naik ke permukaan setelah menyelam harus dilakukan secara perlahan dan disarankan melakukan safety stop dimana penyelam selama sekitar 5 menit berhenti di kedalaman 5 meter dengan tujuan untuk menetralisir kadar nitrogen yang ada di dalam tubuh Anda. Selain itu, ketahui posisi kapal, kondisi permukaan serta melepas surface marker buoy.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *