Home Tanaman 7 Tanaman Hias Bunga yang Sering Dijumpai

7 Tanaman Hias Bunga yang Sering Dijumpai

by Caswitin
tanaman hias bunga

Menanam dan merawat tanaman hias merupakan kegiatan yang positif yang dapat memperindah lingkungan dan diyakini dapat menurunkan tingkat stres seseorang. Semakin banyak jenis tanaman hias yang ditanam maka jumlah oksigen yang dihasilkan semakin banyak pula. Tanaman hias memang tak bisa dilepaskan dari dekorasi rumah impian. Dari semua jenis tanaman hias, jenis bunga termasuk yang paling dijadikan tanaman hias favorit. Terkadang seseorang rela merogoh kocek dalam-dalam demi membeli bunga favoritnya.

Banyak sekali jenis-jenis tanaman hias. Namun, berdasarkan jenisnya tanaman hias di bagi dibagi dua, yaitu tanaman hias bunga dan tanaman hias daun. Namun, pada ulasan kali ini saya akan membahas jenis tanaman hias bunga beserta contohnya. Tanaman hias bunga merupakan tumbuhan yang memiliki bunga dengan corak indah yang berbeda-beda dengan satu atau banyak warna. Tanaman hias bunga bisa memperindah suatu ruangan dan membuat lingkungan di sekitarnya serta menjadikannya terlihat lebih asri dan nyaman. Tanaman hias bunga dapat di tanam di lahan tanah mampun di pot.

Tanaman hias bunga lebih banyak disukai orang untuk ditanam dari pada jenis tanaman hias lainnya karena memiliki keindahan bunga yang beraneka ragam, warna, dan bentuk. Ada banyak jenis tanaman hias bunga yang bisa anda tanam baik di dalam ataupun luar rumah. Berikut ini sebagian contoh tanaman hias bunga yang bisa anda cermati.

1. Bunga Melati

Bunga melati digolongkan sebagai salah satu tanaman perdu yang tergolong ke dalam macam-macam tanaman hias bunga. Bunga memati meliki kurang lebih 200 spesies yang mampu tumbuh dengan subur di daerah beriklim tropis dan hangat seperti Eurasia, Australasia, Oseania, dan Indonesia. Bunga melati terkenal memilki aroma wangi yang khas. Terdapat salah satu jenis bunga melati yang dijadikan simbol nasional (puspa bangsa) yaitu melati putih (Jasminum Sambac) yang melambangkan kesucian, kemurahan, dan punya kaitan kuat dengan bermacam tradisi di banyak suku di Indonesia. Aroma bunga melati juga telah dimanfaatkan dari dulu mulai dari zaman kerajaan hingga sekarang sebagai bahan pewangi

Baca Juga:  Inilah Manfaat Anda Memiliki Peralatan Berkebun yang Lengkap

2. Bunga Mawar

Ratu Bunga merupakan julukan bagi bunga mawar karena memiliki keelokan dan keunikan yang khas. Kelopak bunga mawar memiliki bentuk yang memukau serta didukung dengan aromanya yang menarik. Tanaman hias bunga mawar identik dengan simbol perasaan kasih sayang atau cinta terhadap seseorang. Bunga mawar memilik warna-warna terang, seperti merah, putih, pink, dan ungu. Bunga mawar tergolong dalam tanaman hias bunga yang memiliki nilai ekonomi tinggi karena harga jual yang tinggi. Bunga mawar dijual mulai dari satu set tanaman, bunga potong, hingga bunga taburnya mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

3. Bunga Anggrek

Bunga anggrek merupakan salah satu tanaman hias bunga yang erkenal di Indonesia. Seperti halnya bunga mawar, bunga anggrek juga seringkali digunakan sebagai ungkapan rasa cinta, kasing sayang, simbol kemewahan, dan keelokan selama ratusan tahun. Bunga yang masuk ke dalam suku Orchidaceae ini memiliki banyak sekali varietas dengan keelokan yang dibawa masing-masing variasinya. Bunga anggrek menjadi salah satu tanaman hias bunga gantung biasanya di telakkan di dalam pot-pot dengan tali peyangga sehingga dapat di gantung di teras-teras rumah anda. Namun, terkadang bunga anggrek juga dapat di letakkan di teras maupun di halaman rumah.

4. Bunga Kamboja

Nama Latin bunga kamboja adalah Plumeria. Di Indonesia, bunga kamboja menjadikan sebagai simbol mistis karena biasanya tumbuh di tempat keramat, seperti pemakaman atau tempat-tempat untuk sebagian orang yang masih menjalankan ritual-ritual tertentu. Walaupun memiliki kesan horor, namun bunga kamboja tergolong ke dalam macam-macam tanaman hias bunga dengan keelokan yang mempesona. Bagi yang tidak memiliki kesan horror, bunga kamboja dapat anda temukan di halaman-halaman rumah. Selain itu, bunga kamboja juga dimanfaatkan sebagai tanaman obat karena senyawa baik yang terkandung di dalamnya dapat meredakan demam, mengatasi radang, dan mengurangi rasa sakit.

Baca Juga:  Yuk Simak Tips Keren Berkebun Sayuran di Lahan Sempit

5. Bunga Kemuning

Bunga Kemuning merupakan salah satu tumbuhan hias bunga yang hidup di daerah tropis dan bisa berbunga sepanjang tahun dengan ketinggian hingga 7 meter. Bunga kemuning kerap ditanam sebagai tanaman pagar. Bentuk daunnya yang kecil dengan bunga terminal yang wangi menjadikan kemuning semakin disenangi bagi para pecinta tanaman hias. Bunga kemuning dapat anda jumpai karena banyak tumbuh (ditanam) di halaman Rumah Gadang di Minangkabau sebagai pautan kuda. Buga kemuning juga dimanfaatkan sebagai obat diare dan disentri karena terdapat senyawa terisolasi dari golongan kumarin seperti murremeranzin, isopropylidene murrangatin, murralonginal, dan pranferin.

6. Bunga Kembang Sepatu

Nama lain bunga kembang sepatu adalah Hibiscus Rosa-Sinensis. Bunga kembang sepatu memilki kelopak bunga yang indah berwarna merah terang besar dan melebar. Selain warna merah tunggal, ada juga bunga kembang sepatu dengan warna lain seperti kuning, putih, oranye, merah tua, dan merah jambu.

7. Bunga Bougenville

Bunga bougenville disebuit juga dengan bunga kertas. Bunga bougenville sangat mudah ditanam dan juga memiliki banyak warna. Bunga bougenville banyak digemari masyarakat karena tidak sulit merawatnya dan pertumbuhannya juga tergolong cepat. Kebanyakan orang sering melakukan penyetekan dan ada yang mencoba melakukan penyilangan untuk mendapatkan warna bunga bougenville yang unik seseuai yang diharapkan.

Nah, itulah 7 jenis tanaman hias bunga yang sering dijumpai di halaman rumah-rumah. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda di bidang tanaman hias. Semoga bermanfaat…terima kasih.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More