Home » Mainan » 7 Ide Kreatif Kerajinan Tangan Terbuat dari Bambu

7 Ide Kreatif Kerajinan Tangan Terbuat dari Bambu

Bambu merupakan salah satu jenis tanaman berasal dari keluarga rumput – rumputan yang di dalam batangnya terdapat rongga dan ruas  Tanaman ini dikenal mempunyai laju pertumbuhan yang tinggi dan bisa tumbuh di negara – negara yang beriklim tropis dan iklim dingin. Indonesia merupakan salah satu negara yang beriklim tropis dan di tiap daerahnya banyak sekali tumbuh pohon – pohon bambu yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan seperti untuk membangun rumah, membuat peralatan rumah tangga bahkan oleh orang – orang kreatif bambu dibuat menjadi kerajinan tangan yang unik. Berikut ini 7 ide kreatif kerajinan tangan terbuat dari bambu :

  • Lonceng Angin

Lonceng angin ini terbuat dari 4 – 5 batang bambu kecil yang dipotong dengan ukuran 15 – 17 cm  dan digabungkan oleh stik bambu sehingga ketika kena hembusan angin kelima batang bambu tersebut akan saling bertabrakan dan menghasilkan bunyi yang khas. Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari lonceng bambu tersebut diantaranya bunyi yang dihasilkan bisa dijadikan media untuk relaksasi tubuh.

  • Bingkai Foto

Pada umumnya bingkai terbuat dari bahan kayu, apa salahnya mencoba membuat bingkai foto dari bahan bambu sehingga menghasilkan bingkai kayu yang unik dan tahan lama. Ukuran bingkai bisa disesuaikan berdasarkan dengan ukuran foto yang akan di tempelkan. Bingkai foto ini terbuat dari potongan bambu yang dipotong kecil – kecil kemudian ditempelkan di sekeliling karton seukuran foto.

  • Celengan Uang

Celengan ini bisa dibuat dengan sangat mudah hanya memerlukan sepotong bambu kering yang berukuran 20 – 30 cm yang dibagian atasnya dilubangi seukuran uang kemudian bagian permukaan bambu bisa ditambahkan ukiran – ukiran yang unik atau karakter – karakter lucu seperti tokoh – tokoh kartun sehingga menarik kalangan anak – anak.

  • Gelas

Tempat minum bambu ini seukuran dengan gelas cangkir yang biasa dipakai sehari – hari. Tiap – tiap permukaan ditambahkan ukiran – ukiran bisa berupa nama atau gambar yang unik. Minuman yang dituang ke gelas bambu akan mengeluarkan aroma khas bambu.

  • Gantungan Kalung

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat gantungan kalung yaitu potongan – potongan kecil bambu kering yang kemudian dibentuk menjadi benda – benda seperti bentuk kupu – kupu kecil, angklung – angklung kecil atau bentuk yang lainnya.

  • Vas Bunga

Vas bunga bisa dibuat dari bahan bambu yang ramah lingkungan. Bambu – bambu kecil akan digabungkan melingkar kemudian direkatkan satu sama lainnya dengan menggunakan lem sehingga berbentuk vas bunga yang menarik dan unik.

  • Tempat Pensil

Tempat pensil ini bentuknya sederhana hanya memerlukan batang bambu dengan panjang seukuran pensil dan tiap sisi permukaannya bisa ditambahkan ukiran – ukiran sehingga menjadi lebih menarik.

Ketujuh ide kreatif di atas bisa dijadikan inspirasi dalam memanfaatkan pohon bambu menjadi sebuah kerajinan tangan yang menarik dan mempunyai nilai jual yang tinggi.  

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *