Home » Travelling » 6 Tips Diving yang Harus Diketahui Oleh Pemula Agar Aman

6 Tips Diving yang Harus Diketahui Oleh Pemula Agar Aman

Diving merupakan sebuah olahraga air yang sangat populer di Indonesia, apalagi bagi mereka yang memang senang melakukan touring atau perjalanan wisata. Ingin lebih mengeksplor keindahan alam bawah laut, maka sangat cocok untuk melakukan olahraga yang satu ini. meskipun menyenangkan ternyata melakukan diving tak semudah yang dibayangkan. Faktanya ini juga terbilang olahraga yang sangat beresiko, salah-salah bisa menyebabkan kematian. Untuk itu bagi pemula sebelumnya harus tau tips diving yang benar.

6 Tips Diving yang Harus Diketahui Oleh Pemula Agar Aman 

Menyelam di bawah air sampai dengan kedalaman bermeter-meter tentunya akan terasa sulit bagi yang masih awam, keahlian dalam berenang saja tak cukup untuk diandalkan, melainkan juga ada serangkaian alat pengaman yang harus digunakan. Agar nantinya Anda betah berada berlama-lama di dalam air dan juga dapat lebih aman berada di dalamnya. Berikut ini beberapa tips diving yang harus Anda ikuti, yaitu: 

  1. Selalu mendengarkan dan mengikuti arahan dari instruktur, hal wajib yang harus Anda lakukan tak lain adalah dengan mengikuti arahan apa saja yang diberikan oleh instruktur tersebut. Biasanya mereka akan mulai memberikan instruksi terkait dengan penggunaan masker, kemudian tabung oksigen dan sejenisnya. Anda yang masih belum mengerti sangat dianjurkan untuk bertanya, agar sampai pada saat melakukan diving nantinya kebingungan.
  2. Hendaknya pilihlah kacamata yang paling pas digunakan, jangan mengenakan yang terlalu kebesaran karena akan mudah copot, begitu juga dengan yang ukurannya kekecilan, karena nantinya akan menekan wajah dan memberikan rasa yang kurang nyaman.
  3. Hendaknya jangan menahan napas ketika berada di dalam air, ingat bahwa olahraga yang satu ini berbeda dengan berenang biasa, Anda dibekali dengan serangkaian perlengkapan yang dapat dipakai bernapas sehingga akan betah berlama-lama berada dalam air. Jadi usahakan untuk bernapas dengan santai sebagaimana berada di atas darat, namun cara bernapasnya agak berbeda karena harus menghirup oksigen lewat mulut, bukan hidung.
  4. Ketahui isyarat-isyarat tangan yang digunakan, sebelumnya instruktur juga akan mengajari beberapa isyarat tangan kepada penyelam, hal ini harus dipahami dan digunakan nantinya. Karena setiap isyarat ini mengandung arti berbeda-beda, sehingga jangan sampai salah menyimpulkan.
  5. Sesuaikan tekanan air dengan telinga Anda, karena hal ini juga sering menyebabkan rasa yang kurang nyaman, apalagi untuk pemula.
  6. Sebaiknya selalu berada di dalam pengawasan pemandu, atau jangan terlalu jauh dari pemandu saat diving, apalagi bagi yang masih pemula, sehingga jika ada sesuatu yang tidak beres terjadi bisa langsung meminta tolong pemandu.

Mudah bukan, tips diving ini sangat penting untuk dipelajari, karena seperti yang Anda tau bahwa olahraga tersebut tergolong sebagai kegiatan yang ekstrim atau penuh dengan tantangan.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *