Home » Hobi ekstrim » 6 Manfaat Olahraga Parkour yang Penuh dengan Tantangan

6 Manfaat Olahraga Parkour yang Penuh dengan Tantangan

Ada banyak sekali ragam jenis olahraga yang baru bermunculan belakangan ini, tak hanya olahraga-olahraga main stream yang umum Anda jumpai layaknya sepak bola, basket, lari maupun renang, melainkan sekarang ini sedang trend olahraga yang memadukan ilmu bela diri dengan beberapa jenis konsep yang lebih menantang, salah satu diantaranya adalah parkour. Mungkin pernah Anda menjumpai beberapa orang yang melakukan aktivitas “gila” dengan menjelajahi bangunan-bangunan tinggi ataupun ruah dengan berlari dan melakukan beberapa macam atraksi menantang.

6 Manfaat Olahraga Parkour yang Penuh dengan Tantangan 

Olahraga tersebut pada dasarnya memang mengembangkan berbagai macam kegiatan mulai dari hal-hal dasar layaknya berlari, melompat, berjalan dan yang lainnya diimbangi dengan adanya berbagai macam track yang diimbangi dengan adanya rintangan. Bahkan bisa dikatakan sangat berani karena pelakunya sama sekali tak menggunakan sarana keamanan ketika melakukan olahraga tersebut. Itulah mengapa dikatakan jenis olahraga ekstrim, karena resikonya sangat tinggi.

Namun sama halnya dengan olahraga pada umumnya, maka parkour ini memiliki banyak sekali manfaat untuk Anda, diantaranya adalah: 

  1. Melatih dan membentuk setiap bagian tubuh, karena pada dasarnya olahraga yang satu ini tak hanya mengandalkan satu bagian tubuh saja layaknya berlari yang lebih banyak ditopang oleh tubuh bagian kaki, melainkan hampir semua bagian tubuh digunakan, tidak bisa dipungkiri jika seandainya pembentukan tubuh juga berlangsung secara lebih optimal untuk jadi semakin bagus.
  2. Meningkatkan kreativitas dan juga daya pikir menyelesaikan sebuah masalah, melakukan olahraga yang satu ini layaknya bermain sebuah game, dimana nantinya Anda dihadapkan pada sebuah tantangan dan harus bisa melalui semua tantangan tersebut. Dengan itu maka otak dipaksa untuk berpikir bagian mana yang harus dilewati terlebih dahulu dan caranya.
  3. Meningkatkan ketahanan jantung, semakin menantang untuk adrenalin nantinya akan membuat denyut jantung juga jadi semakin cepat, hal ini tak lain sangat bagus di dalam membuat kinerja jantung semakin optimal.
  4. Mengembangkan keterampilan setiap bagian anggota tubuh, manfaat lainnya adalah setiap anggota gerak Anda akan berkembang secara lebih optimal.
  5. Meningkatkan kekuatan tulang, karena memang hampir semua anggota gerak digunakan saat berolahraga ini, tidak bisa dipungkiri juga jika seandainya tulang mendapatkan manfaat yang optimal, diantaranya adalah membuatnya lebih tahan dari resiko seperti pengeroposan.
  6. Dapat meningkatkan rasa percaya diri, karena memang ditonton oleh banyak orang maka dapat membuat pelaku olahraga yang satu ini juga jadi lebih percaya diri.

Jadi bagaimana tertarik untuk mencobanya, tentu tidak sembarangan orang bisa langsung memulai parkour tersebut, melainkan harus dilakukan dengan latihan-latihan dasar terlebih dahulu, sehingga tidak membahayakan untuk nyawa. Biasanya latihan yang diberikan tak sekedar melompat atau sejenisnya, melainkan seperti bela diri.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *