Home » hobi » 6 Manfaat Hobi Masak yang Harus Anda Ketahui

6 Manfaat Hobi Masak yang Harus Anda Ketahui

Tidak semua orang menyukai kegiatan masak-memasak. Beberapa dari mereka bahkan lebih memilih makan makanan luar dibanding masak sendiri di rumah. Ragam alasan pun membuat mereka tidak menyukainya, salah satu alasan yang paling sering terdengar adalah tidak ada waktu untuk masak. Namun, nyatanya manfaat hobi memasak ini sangat banyak, selain karena lebih murah, memasak makanan sendiri tentunya lebih sehat.

6 Manfaat Hobi Masak yang Harus Anda Ketahui

Itu hanya manfaat kecilnya saja. Manfaat hobi memasak masih banyak dan berikut ulasan lengkapnya:

Bisa menghemat pengeluaran

Manfaat hobi memasak pertama adalah menghemat pengeluaran. Saat Anda memutuskan untuk memasak sendiri di rumah, Anda sudah melakukan penghemat anggaran bulanan. Tentu saja, karena harga bahan mentah lebih murah jika Anda membeli makanan yang sudah jadi. Misalnya Anda membeli spageti yang sudah jadi seharga Rp 20.000, sedangkan jika Anda membeli spageti instan yang menta seharga Rp 8.500, maka Anda sudah menghemat Rp 11.500 uang Anda

Membuat hidupmu lebih sehat.

Selain menghemat pengeluaran, manfaat hobi memasak yang bisa Anda dapatkan adalah jaminan kesehatan. Saat Anda memilih untuk memasak sendiri, maka makanan tersebut dijamin lebih sehat karena Anda yang tahu betul bahan-bahan apa saja yang Anda olah menjadi makanan yang sehat.

Melatih kreativitas

Manfaat hobi memasak selanjutnya adalah melatih kreativitas. Saat Anda mulai bosan dengan menu yang itu saja, maka pasti Anda akan mencari cara bagaimana bisa mengolah bahan makanan yang lebih menarik dan lezat. Anda bisa mencari resepnya di buku resep atau mencontoh resep yang banyak tersebar di internet.

Membuat bahagia.

Bagi yang memiliki hobi masak pasti tahu betul bagaimana perasaan saat makanan yang dimasak sendiri ternyata bercita rasa lezat. Tentunya bahagia, bukan? Selain itu, manfaat hobi memasak juga bisa membuat jiwa Anda lebih rileks dan mengurangi stres yang berlebihan. Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan memasak adalah Anda jadi lebih banyak tahu mengenai bumbu-bumbu dapur.

Makin disayang keluarga

Piawai dalam mengolah bahan mentah menjadi makanan siap saji yang memiliki rasa yang lezat, membuat Anda makin disayang oleh keluarga. Saat Anda mencicipi hasil masakan Anda sendiri yang lezat, mereka akan bahagia dan terus merindukan masakan Anda. Terlebih lagi jika Anda, sering membuatkan bekal makanan kesukaan mereka untuk makan siang.

Keahlian Anda satu ini bisa jadi ladang bisnis baru

Selain bisa membuat keluarga Anda bahagia, hobi memasak Anda juga bisa menjadi peluang bisnis. Dengan keahlian Anda dalam membuat makan yang lezat Anda bisa home chef atau berjualan makanan, membuka cafe atau resto, atau membuak jasa catering makan untuk acara-acara besar seperti pernikahan. Tak hanya bisa menyalurkan hobi, Anda juga bisa menghasilkan pendapatan yang cukup besar.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *