Home » Koleksi Barang » 6 Jenis Alat Musik Modern Yang Mengeluarkan Nada Yang Merdu

6 Jenis Alat Musik Modern Yang Mengeluarkan Nada Yang Merdu

Bagaimana rasanya jika di dunia ini tanpa musik? Tentu akan sepi dan tidak ada nada suara yang bisa menjadi penghibur saat gelisah, galau atau saat sedang bahagia. Saat ini perkembangan di dunia musik semakin mengalami perkembangan. Salah satu yang menjadi penandanya adalah munculnya beragam alat musik modern.

Berikut ini adalah beberapa jenis alat musik modern yang mengeluarkan suara dan nada yang merdu.

  • Gitar

Gitar adalah salah satu peralatan musik modern yang popular di masyarakat. Alat musik ini menjadi alat yang digunakan untuk berbagai jenis aliran musik modern. Sumber suara gitar berasal dari senar yang dipetik oleh jari-jari tangan. Berdasarkan jenisnya, gitar dibagi menjadi dua yaitu gitar akustik dan gitar elektrik.

Perbedaannya kedua jenis gitar tersebut adalah pada gitar ekustik bagian tengahnya tedapat lubang dan biasanya digunakan untuk instrument solo , menggunakan teknik fingerpicking komprehensif.

Sedangkan gitar elektrik fungsinya untuk besar nada. Gitar elekrik sifatnya sama dengan gitar bas. Perbedaannya senar pada gitar bass jumlahnya hanya empat buah.

  • Keyboard

Alat musik yang satu ini bentuknya hampir mirip dengan piano, bedanya keyboard bisa mengeluarkan beragam jenis nada alat-alat musik lainnya, seperti: suling, biola, terompet, gitar sampai alat musik perkusi.

  • Organ

Organ adalah jenis alat musik yang mirip seperti keyboard, namun cara memainkannya dengan cara ditiup ke pipa yang terdapat pada organ. Udara/ tiupan yang masuk kelalui pipa dikeluarkan menjadi nada yang dikehendaki,.

Baca Juga: Harga Gitar Elektrik Les Paul

  • Drum

Alat musik yang modern berikutnya adalah drum. Alat musik pukul ini membutuhkan keahlian memukul dan memastikan ketukan atau kecepatan tempo saat dimainkan. Oleh karena itu alat musik ini dikatakan sebagai jantung dalam bermusik.

  • Biola

Alat musik dawai ini dimainkan dengan cara digesek. Biola memiliki 4 buah. Kunci senar biola adalah G-D-A-E yang keduanya disetel dengan interval prima ke-lima. Nada suara yang paling rendah adalah G.

  • Piano

Alat musik yang satu ini mengeluarkan nada dan suara yang unik dan terkesan klasik. Cara memainkannya adalah dengan menghimpit tuts menggunakan jari-jari tangan. Dari bentuknya, piano mirip dengan keyboard, namun ukuran piano lebih besar dan tutsnya lebih banyak.

  • Terompet

Alat musik tiup ini terbuat dari bahan logam dan hanya memiliki tiga buah tombol. Untuk memainkan nada terompet caranya dengan mengatur udara (ditiup) dengan menghimit tombol yang teratur sehingga menghasilkan suara yang khas dan merdu.

  • Saxophone

Sama halnya terompet, alat musik saxophone masuk ke dalam jenis keluarga alat musik tiup. Alat musik modern yang diciptakan oleh Adolphsax pada tahun 1846 ini memiliki kekuatan ekspresi yang besar. Biasanya digunakan untuk mengiringi musik jazz.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *