Home » Koleksi Barang » 6 Jenis Alat Musik Modern dan Paling Populer di Kalangan Masyarakat

6 Jenis Alat Musik Modern dan Paling Populer di Kalangan Masyarakat

Tak bisa dipungkiri bahwa musik merupakan bagian yang tak akan bisa terpisahkan dari hidup. Mulai dari jenis tradisional hingga yang populer saat ini. Bahkan belakangan dalam perkembangannya maka aliran musik dibagi menjadi lebih banyak cabangnya. Mulai dari hip hop hingga R&B juga ada. cabang yang memang digemari oleh beberapa kalangan. Apakah Anda sendiri juga memiliki kegemaran dalam memainkan alat musik modern.

Kenyataannya siapa saja bisa terjun ke bidang atau industri musik ini, tak hanya mereka yang memiliki suara bagus saja, melainkan juga yang memiliki keahlian atau pandai dalam memainkan salah satu instrumennya. Sebenarnya belajar musik tak harus dari ahli, melainkan berbekal kepemilikan dari salah satu alat atau instrumen tersebut diimbangi dengan buku panduan atau video tutorial saja, asalkan Anda rajin belajar maka bisa menguasainya.

Setidaknya pertama harus mengenal alat musik modern terlebih dahulu dan beberapa cara memainkannya, seperti:

  • Gitar, jika seri lama dalam ukuran yang sangat kecil dinamakan sebagai ukulele, maka sekarang ini yang paling modern dikenal dengan nama gitar. Bahkan ia terbagi lagi dalam 2 jenis, diantaranya adalah:
  • Gitar elektrik, ia akan menghasilkan suara yang optimal atau berkuali6tas ketika dimainkan dengan menggunakan listrik. Alat musik petik yang satu ini harganya lebih mahal dibandingkan dengan jenis akustik, namun tampilannya juga lebih keren dalam berbagai bentuk.
  • Gitar akustik, jenis yang dapat dimainkan secara mudah dengan suara nyaring tanpa harus diimbangi dengan listrik. Produknya ringan dan juga mudah dipelajari cara penggunaannya.
  • Biola, sekilas bentuknya memang nampak sama dengan gitar, namun cara memainkannya berbeda, jika gitar dipetik, maka biola ini akan menghasilkan suara dengan menggeseknya menggunakan alat khusus. Mereka yang memainkan alat musik tersebut dikenal dengan nama violinis.
  • Saxophone, ia adalah jenis alat musik tiup, dimainkan dengan cara meniupnya dengan sedikit sentuhan tangan untuk membuka tutup lubang, ia adalah alat musik yang sering dipakai dalam genre jazz.
  • Harmonika, dimainkan dengan cara meniupnya, ia juga masih satu genre dengan saxophone yang banyak digunakan untuk musik jazz. Ukurannya lebih kecil, namun untuk memainkannya membutuhkan napas yang benar-benar panjang.
  • Piano, alat musik ini akan mengeluarkan suara jika dipetik, dengan sentuhan khusus maka akan menghasilkan suara yang berkualitas, biasanya digunakan untuk mengiringi sebuah orkestra sehingga musiknya menjadi lebih lengkap.
  • Drum, jenis alat musik tabuh yang terdiri dari beberapa komponen di dalamnya, menghasilkan suara yang berat dan nantinya juga akan membuat orang yang mendengarkannya ingin ikut menari.

Beberapa jenis alat musik modern tersebut bisa dengan mudah didapatkan di pasaran.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *