Home » Peluang Bisnis » 6 Ide Bisnis Sampingan yang Bisa Dicoba Untuk Pelajar dan Mahasiswa

6 Ide Bisnis Sampingan yang Bisa Dicoba Untuk Pelajar dan Mahasiswa

6 Ide Bisnis Sampingan yang Bisa Dicoba Untuk Pelajar dan Mahasiswa – Berbisnis dapat dimulai dari usia muda. Tak jarang ditemukan pelajar dan mahasiswa yang masih aktif sekolah dan kuliah, juga aktif dalam merintis bisnis yang serius. Tidak perlu dimulai dari bisnis yang mengeluarkan modal yang besar, dimulai dari bisnis sampingan dengan modal sedikit pun dapat memperoleh keuntungan yang besar. Awalnya memang hanya bisnis sampingan, namun setelah lulus sekolah dan kuliah nanti, bisnis sampingan tersebut dapat ditekuni 100% sebagai bisnis utama. Sudah banyak pula orang sukses yang membuktikan bahwa bisnis yang mulai dirintis dari nol dapat dilakukan oleh pelajar maupun mahasiswa, contohnya Yasa Singgih.

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis sampingan yang mungkin bisa dicoba untuk pelajar maupun mahasiswa:

  • Hiburan Musik

Bisnis ini sangat cocok untuk pelajar maupun mahasiswa yang senang bermain musik. Cukup dengan dapat bernyanyi atau menguasai salah satu alat musik, kalian dapat menjadi penghibur di kafe yang menyediakan fasilitas musik bagi pengunjung. Ini merupakan salah satu bisnis sampingan yang mendapat honor lumayan banyak.

  • Jasa Penulis

Bagi kalian yang hobi menulis, kalian dapat mencoba menjadi penulis di situs online. Bahkan kalian dapat membuka jasa penulisan online dan mempromosikannya di media sosial. Ini merupakan bisnis sampingan yang praktis karena kalian hanya membutuhkan laptop dan koneksi internet saja. Tentu saja ide-ide brilian kalian dalam menulis juga dibutuhkan.

  • Jasa Desain Grafis

Bisnis ini merupakan bisnis yang cocok bagi orang yang hobi desain. Dengan memerlukan modal yang kecil, kalian dituntut untuk terampil dalam mengoperasikan software, misalnya photoshop untuk membuat desain grafis.

Baca Juga:Ide Usaha Konvensional dan Online Untuk Mahasiswa dan Pelajar

  • Kaos

Sudah banyak para pelajar dan mahasiswa yang mulai berbisnis dengan bisnis kaos. Dengan menggunakan sisi kreatif kalian, kalian dapat membuat desain kaos semenarik mungkin dan kalian dapat menjualnya ke konveksi. Memulai bisnis sampingan ini pula, kalian perlu berhubungan baik dengan konveksi dan sablon agar bisnis kalian berjlaan dengan baik.

  • Jasa Pembuatan Toko Online

Bagi para mahasiswa IT, bisnis ini merupakan bisnis sampingan yang cocok. Karena jasa yang ditawarkan berhubungan dengan mata kuliah, sehingga mahasiswa dapat mencari uang sekaligus mempraktikkan materi yang didapatkan di bangku kuliah.

  • Penitipan dan Perawatan Hewan

Bagi para mahasiswa jurusan Kedokteran Hewan, bisnis ini merupakan bisnis sampingan yang sangat cocok. Bersama teman-teman sejurusan atau sama-sama senang dengan dunia hewan, kalian dapat memulai bisnis sampingan ini. Karena ada kemungkinan banyaknya hewan yang akan ditangani, lebih baik kalian menjalani bisnis ini tidak sendirian.

Nah, itulah ide bisnis sampingan yang bisa dilakukan untuk pelajar dan mahasiswa. Apakah kalian punya ide bisnis sampingan yang lain? Yuk, kita praktikkan!

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *