Home » Travelling » 6 Bagian Timur Indonesia yang Wajib Dikunjungi Pecinta Fotografi

6 Bagian Timur Indonesia yang Wajib Dikunjungi Pecinta Fotografi

Daerah Indonesia dari ujung timur hingga barat memang kaya akan keindahan alam. Mudah menemukan objek indah yang menakjubkan bagi pecinta fotografi tanpa harus keluar negeri. Lebih baik eksplore keindahan negeri sendiri karena Indonesia sudah punya segalanya. Berikut daftar potret bagian timur Indonesia yang layak untuk diabadikan.

6 Bagian Timur Indonesia yang Wajib Dikunjungi Pecinta Fotografi

Danau Anggi

Danau Anggi merupakan cagar alam di Pegunungan Arfak, Manokwari, Papua Barat yang dihuni habitat dilindungi seperti kupu-kupu sayap burung, cendrawasih Arfak, dan burung Namdur Polos. Aneka flora khas Papua seperti Gladiol Anggi, dan Rhododenrum juga tumbuh di sana. Anda juga bisa menjumpai tarian adat Magasa yang biasa digelar saat perkawinan atau penyambutan tamu. Objek menarik lainnya adalah rumah kaki seribu (Tumisen), serta keindahan perbukitan hijau bukit Kobrey yang mengapit danau Giji dan danau Gita.

Gunung Botak

Anda bisa menikmati pemandangan menakjubkan dari puncak Gunung Botak. Mulai dari mengabadikan indahnya semenanjung, pasir merah muda yang cantik, hingga keasrian pantai dengan jajaran pohon kelapa dan hutan bakau. Semuanya terpapar di jalan darat dari pusat kota Manokwari hingga puncak Gunung Botak. Anda juga bisa mengabadikan desa nelayan dengan latar sisi kanan Gunung Botak dan pantai juga laut lepas di sisi kirinya selama perjalanan.

Misool

Misool Terkenal akan keindahan panorama laut lepas, hutan tropis, dan mangrove di pesisir pantainya. Anda juga bisa menyaksikan peninggalan sejarah unik seperti lukisan-lukisan batu kuno, sisa reruntuhan kapal di bawah laut, juga burung Cendrawasih merah khas Papua Barat.

Waigeo

Pulau ini terkenal dengan Fenomena “hantu laut” yakni fenomena sinar yang memancar hingga menembus dasar laut pada saat sunset. Fenomena tersebut hanya terjadi pada akhir tahun dengan durasi sekitar 10-18 menit saja.

Fenomena lain yang tak kalah unik ialah pasir timbul. Berupa timbunan pasir yang membentang luas di tengah laut lepas menyerupai daratan. Anda wajib mengabadikan lukisan dinding manusia prasejarah di Goa Tomolo dan juga goa peninggalan Perang Dunia II. Di Kabui Bay dan goa tengkorak Anda juga bisa menjelajahi pulau karang, lalu menyaksikan Tari Salay dan memotret berbagai jenis satwa serta kerajinan anyaman Arborek.

Kelimutu

Tiga danau kawah puncak Gunung berapi Kelimutu di Flores, Nusa Tenggara Timur dengan warna merah, hijau tua dan cokelat kehitaman telah memukau bayak fotografer. Aktivitas fotografi Anda didukung oleh Faktor cuaca di sekitar kawah.

Pulau Komodo

Pulau Komodo di Flores, Nusa Tenggara Timur menjadi habitat asli salah satu hewan asli kebanggaan Indonesia, komodo yang sekarang sudah hampir punah. Anda bisa melakukan kegiatan fotografi dengan aman dan nyaman dengan dampingan tour guide. Setelahnya Anda harus menyempatkan waktu untuk mengunjungi Pulau Rinca. Di sana Anda bisa memotret komunitas naga purba yang sudah dilindungi. Selai itu Anda juga akan dimanjakan dengan keindahan pantai dengan pasir merah muda, yang lebih dikenal dengan Pink Beach.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *