Home » Koleksi Barang » 5 Tips Jitu Saat Membeli Alat Musik Biola

5 Tips Jitu Saat Membeli Alat Musik Biola

Bermain biola memang memiliki tantangan tersendiri bagi kebanyakan orang. Untuk itu, bagi Anda yang ingin serius bermain alat musik yang satu ini, maka tak ada salahnya membeli biola Anda sendiri. Namun sebelum membeli, ada beberapa hal yang harus diperhatikan lebih dulu agar tak salah pilih nantinya. Apa sajakah hal-hal tersebut? Berikut ulasannya untuk Anda.

5 Tips Jitu Saat Membeli Alat Musik Biola

 

  • Mencoba dulu sebelum beli

 

Anda jangan pernah membeli biola tanpa mencobanya lebih dulu. Setidaknya jika di tempat tersebut ada berbagai macam jenis biola, maka pilihlah yang cocok untuk Anda. Sekedar tips, bawalah beberapa bow yang digunakan untuk mencoba alat musik tersebut. Namun bow itu biasa dijual terpisah, sehingga Anda harus menyiapkan sendiri. Menggunakan bow yang berbeda akan membantu Anda untuk mendapatkan kombinasi yang paling cocok saat bermain alat musik senar berukuran kecil.

  • Membawa pemainnya langsung

Penting bagi Anda untuk membawa teman yang memang sudah ahli dalam bermain alat musik ini atau mungkin membawa teman yang memang seorang pemain. Namun apabila tidak punya, Anda coba untuk membawa teman yang memiliki pendengaran tajam soal musik. Hal tersebut akan membantu untuk mengurangi risiko membeli biola mahal tetapi kualitasnya justru tidak setara. Adanya teman yang mengerti soal alat musik ini, akan sangat membantu Anda dalam menentukan pilihan, mana yang harus dipilih dan cocok untuk Anda.

  • Mendengarkan suaranya dari jarak dekat dan jauh

Sama seperti saat Anda memainkan instrumen lain yang juga pasti memiliki perbedaan pada saat didengarkan pada jarak yang dekat dan jauh, maka biola pun demikian. Itulah tadi mengapa sangat penting untuk membawa teman yang memahami jenis alat musik ini dengan baik. Adanya teman Anda tersebut, akan sangat membantu. Dengan dia bermain, Anda bisa mendengarkan bagaimana suaranya jika didengarkan dari jarak dekat dan jauh yang ditinjau dari sudut pandang pendengar.

  • Tak perlu malu membeli harga yang murah

Memang, bagi seorang pemula sangat disarankan untuk membeli biola yang harganya murah lebih dulu. Sebab biasanya, seorang pemula tak begitu memerhatikan kualitas suara, yang terpenting hanyalah bisa memainkan lagu dan menguasai tekniknya. Membeli alat musik dengan harga yang murah tidak akan membuat Anda menyesal jika suatu saat kehilangan semangat untuk belajar alat musik senar ini. Memilih yang harganya murah juga tidak boleh asal-asalan. Anda tetap harus memperhitungkan kualitasnya. Tetapi kembali lagi, semua itu tergantung pada bujet. Hal yang penting adalah kualitas alat musik sama dengan dengan harga yang dibanderol.

  • Memerhatikan ukuran

Sekarang ini, ukuran alat musik biola itu beraneka raga. Namun untuk ukuran yang paling besar adalah 4/4 yang biasa disebut full size. Namun ukuran yang ini sangat tidak disarankan untuk anak-anak. Tetapi untuk orang dewasa, sebaiknya memilih ukuran 4/4 atau ¾.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *