Home » Fashion » 5 Tips Jitu Dalam Mendesain Baju Bagi Para Pemula

5 Tips Jitu Dalam Mendesain Baju Bagi Para Pemula

Mendesain baju atau kaos bukanlah pekerjaan yang mudah. Para desainer pemula harus memutar otak dalam menciptakan desain baju yang menarik. Apalagi jika terkait soal selera desain para pembeli yang berbeda-beda, ada yang suka gambar simple namun ada juga yang suka gambar bernuansa ramai pada kaosnya.

5 Tips Jitu Dalam Mendesain Baju Bagi Para Pemula

Untuk itu, bagi para pemula penting untuk menyimak beberapa tips dalam mendesain baju di bawah ini.

Ketahui warna kaos, sebelum memulai gambarnya

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan dalam mendesain baju kaos adalah mengenali paduan warna yang akan Anda gunakan. Sederhananya begini, jika Anda mendesain kaos berwarna gelap, pastinya yang terpikir di benak Anda dalam desain gambar berwarna cerah. Begitu pun sebaliknya, jika baju yang ingin Anda desain memiliki warna dasar cerah, seperti putih maka otomatis desainnya yang dipilih adalah berwarna gelap, semisal warna hitam. Dengan pemikiran seperti ini Anda akan lebih mudah lanjut ke tahap berikut.

Memikirkan tata letak desain pada kaos

Setelah menentukan desain warna baju apa yang Anda ingin buat, sekarang pikirkan di mana letak desain yang ingin Anda tempatkan. Apakah cocok diletakkan tepat di tengah, atau di area lain. Silahkan tentukan presisi mana yang lebih pantas dan menarik bagi Anda.

Mulai berimajinasi tentang desain

Langkah ini paling krusial dalam mendesain baju karena akan menentukan apakah baju Anda akan menarik pembeli atau tidak. Jika Anda telah memiliki gambaran yang pas untuk desain baju Anda, makan akan lebih mudah dalam membuatnya. Namun, jika Anda kesulitan menemukan desain baju,  desainer kaos terkenal asal Inggris bernama Mike Ng, menyarankan untuk para pemula untuk menikmati waktu dengan jalan-jalan, mencari konsep desain di mana referensi mana saja atau mulai membuat sketsa. Dengan cara ini, maka imajinasi Anda akan ide desain akan datang segera.

Gabungkan Imajinasi warna baju, letak desain, dan desain

Setelah mendapat ide untuk mendesain baju, cobalah untuk melakukan visualisasi dengan cara menggambarnya di atas kertas. Tidak perlu digambar secara bagus, yang penting Anda memvisualusasikannya dengan menggabungkan model kaos, letak gambar dan desain gambar dan sebisa mungkin untuk mendesainnya secara sederhana. Pasalnya dengan desain yang sederhana, akan memberikan pesan yang mudah dicerna, misalnya mengombinasikan tulisan dengan jenis huruf yang bisa memperkuat desain tersebut.

Fokus pada detail gambar

Langkah selanjutnya dalam mendesain baju ini bisa Anda aplikasikan jika Anda tetap bersikeras untuk membuat desain yang ramai. Namun, jangan hanya mementingkan keramaian pada gambar, melainkan de tail pun harus ditonjolkan di sana sehingga akan menarik orang untuk mengenakannya.

Just do it!

Setelah berkutat dengan ide dan visualisasi desain, maka kini saatnya untuk membuat desain baju Anda menjadi nyata. Jika masih bingung mencari ide mendesain baju dan menggunakan aplikasi desain pada komputer, tak perlu khawatir. Pasalnya di internet, sudah banyak website yang memudahkan para pemula untuk mendesain sendiri baju secara mudah, misalnya di ciptaloka.com

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *