Home » Hobi ekstrim » 5 Tips Dasar Motor Cross untuk Pemula

5 Tips Dasar Motor Cross untuk Pemula

Motor cross adalah jenis motor trail yang biasa digunakan khusus di area lomba. Pada prinsipnya, jenis motor ini adalah sama. Tetapi ada sejumlah modifikasi yang dilakukan untuk menyesuaikan dengan medan yang dilalui. Bagi Anda yang baru saja tertarik mencoba motor cross, ada baiknya cek dulu 5 tips dasar motor cross untuk pemula berikut ini sebelum memutuskan menggunakan motor cross yang mana.

Pilihlah Jenis Motor Yang Cocok

Karena nantinya motor ini yang akan Anda gunakan, jadi pastikan jatuhkan pilihan pada motor yang tepat. Sesuaikan kemampuan Anda dengan jenis motor yang dipilih. Biasakan juga dulu menggunakan motor ini, hingga Anda benar-benar paham semua celahnya sebelum benar-benar menggunakannya di jalur pegunungan maupun di area lomba. Sesuaikan dengan tinggi badan dan besarnya motor cross karena Anda harus bisa mengendalikan motor tersebut apalagi di area yang berbahaya atau menantang.

Pakai Pelindung Badan

Faktor keamanan berkendara adalah nomer satu dan wajib diperhatikan. Selalu gunakan pelindung bagian-bagian vital tubuh Anda secara lengkap dan benar. Ini untuk menghindari cedera yang terlalu parah jika terjadi kecelakaan. Pastikan pilih dan gunakan pelindung badan yang tepat dan pas, jangan asal tampak keren atau mahal saja tetapi tidak ada gunanya. Pelindung yang minimal Anda gunakan adalah helm, sarung tangan, dan pelindung lutut.

Persiapkan Mental Anda

Untuk berlaga di arena motor cross, skill atau kemampuan berkendara saja masih belum cukup. Anda harus punya mental dan nyali yang kuat untuk menjelajahi aksi di medan berbahaya ini. Cara paling efektif untuk mempersiapkan mental Anda adalah dengan berlatih di berbagai medan. Berlatihlah secara teratur dan disiplin.

Baca Juga : Tips Penting bagi Pemula Sebelum Melakukan Offroad

Pelajari dan Kuasai dengan Benar Teknik Dasar

Skill atau kemampuan dasar bermotor cross adalah hal penting yang harus Anda kuasai benar. Pelajari dan kuasai hal ini dari ahlinya. Lakukan latihan teratur dan tertstruktur agar Anda benar-benar terbiasa dengan motor cross anda. Minta pertimbangan pelatih atau instruktur untuk memantau dan memberi masukan dalam latihan Anda.

Jika Perlu Gabung ke Klub Motor Trail / Cross

Dengan bergabung dengan klub, ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh. Selain teman satu hobi, ilmu yang bertebaran dari senior dan rekan-rekan, klub juga memberikan kesempatan bagi Anda untuk bersosialisasi dan memperpanjang silaturahmi.

Dengan bergabung dengan klub, itu akan mempermudah arus informasi. Baik informasi motor, teknik dasar berkendara, informasi sparepart dan perlengkapan, perbaikan motor, harga motor dan kegiatan-kegiatan lain. Biasanya setiap klub juga memberikan pengajaran pendidikan dasar kepada setiap anggotanya. Anda akan diajarkan sikap, cara bertahan dan beragam teknik dalam motor cross.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *