Home » Hobi ekstrim » 5 Manfaat Menakjubkan Olahraga Wall Climbing

5 Manfaat Menakjubkan Olahraga Wall Climbing

Mengisi waktu luang ketika weekend atau akhir pekan tiba maka bisa Anda lakukan dengan berbagai kegiatan bermanfaat, seperti diantaranya adalah dengan olahraga yang sesuai hobby. Olahraga memiliki manfaat yang sangat bagus untuk membuat tubuh tetap sehat. Meskipun terlalu sering duduk di kantor bekerja. Banyak pilihan olahraga menarik yang bisa Anda lakukan, mulai dari bersepeda, yoga hingga yang sangat menantang yaitu climbing.

Jenis olahraga tersebut agaknya memang sangat populer di kalangan anak muda, mereka akan melakukan kegiatan panjat-memanjat hingga nantinya sampai pada titik yang paling tinggi. Bisa dilakukan di wall atau dinding yang sudah disiapkan sebelumnya, atau mungkin dengan mengandalkan lokasi yang sebenarnya. Seperti pada tebing. Hanya saja jika ingin melakukannya di tempat yang ekstrim maka persiapan sudah harus matang. Seperti keahlian yang Anda miliki sudah cukup, begitu juga dengan sarana prasarana dalam melakukannya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Wall climbing ini agaknya bukan sekedar olahraga ringan, ia memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya adalah:

  1. Digunakan untuk melatih koordinasi gerakan tubuh, berada di atas sebuah dinding yang membuat Anda sekiranya bisa jatuh kapan saja, pastinya semua bagian tubuh akan bergerak, bukan hanya gerakan refleks melainkan diupayakan untuk bisa melindungi diri Anda agar tak jatuh ke bagian bawah. Sangat cocok bagi Anda yang memang dengan aktivitas yang berat.
  2. Guna melatih keberanian, cara yang paling ampuh bagi Anda yang penakut untuk melatih keberanian. Olahraga satu ini dilakukan hanya dengan sebuah pengaman yaitu tali saja, ketika jatuh nantinya media yang akan menangkap Anda memang dari bahan kasur sehingga aman. Jadi tak masalah asalkan Anda berani untuk terus naik, jatuh bukan menjadi sebuah masalah.

    Baca Juga: Mengenal Peralatan Panjat Tebing beserta Fungsinya

  3. Guna melatih kehati-hatian, salah dalam mengambil tindakan ketika tengah naik, sudah pasti nantinya Anda akan terjatuh, inilah mengapa olahraga ini termasuk jenis yang juga diupayakan untuk melatih kehati-hatian Anda. Tak sekedar panjat, melainkan juga memikirkan tanjakan mana yang terbaik untuk dipilih, sehingga Anda aman sampai bagian atas.
  4. Melatih kesiapan, khususnya untuk menghadapi sebuah rintangan, Anda yang merasa hidup datar-datar saja tanpa masalah, coba untuk melakukan olahraga yang sat u ini, pastinya adrenalin akan lebih terpacu untuk sampai ke bagian puncak. Namun setelah melewati berbagai jenis rintangan terlebih dahulu.
  5. Berguna untuk melatih otot tangan dan juga kaki, Anda menopang diri pada 2 hal tersebut, sehingga semakin sering melakukan olahraga ini maka otot tangan semakin kuat cengkeramannya begitu pula dengan bagian kaki yang kian kokoh.

Wall climbing ini bisa dilakukan di beberapa tempat olahraga, tentunya bagi yang masih pemula tentunya membutuhkan bantuan dari pelatih khusus.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *