Home » Hewan Peliharaan » 5 Manfaat Memelihara Binatang Bagi Buah Hati

5 Manfaat Memelihara Binatang Bagi Buah Hati

Sebagian orang memutuskan untuk memelihara binatang di rumah. Namun sebagian lagi tidak mau direpotkan dengan hal-hal yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan binatang seperti memberinya makan atau membersihkan kandangnya. Siapa sangka, ternyata keberadaan hewan peliharaan mempunyai beberapa manfaat bagi tumbuh kembang anak-anak. Fakta-fakta di bawah ini mungkin dapat meyakinkan Anda.

5 Manfaat Memelihara Binatang Bagi Buah Hati

Membantu anak belajar

Perkembangan belajar anak berkebutuhan khusus dapat dibantu oleh anjing peliharaan telah lama diketahui. Lalu, kini ditemukan pula bahwa semua anak bisa memperoleh keuntungan dari adanya hewan peliharaan berbulu yang berkaki empat. Dalam satu penelitian yang memantau tingkat stres anak saat disuruh membaca keras-keras didepan teman, orang tua dan anjing menunjukkan bahwa anak-anak paling santai saat berada di sekitar hewan, bukan manusia.

Menjaga kesehatan anak

Studi oleh dokter anak, kepala departemen alergi dan imunologi Dennis Ownby, MD, di Medical College of Georgia, menunjukkan bahwa memelihara binatang mampu mengurangi risiko anak terkena alergi tertentu. hasil tes kulit Anak-anak yang memelihara hewan di rumah juga lebih jarang menunjukkan hasil positif alergen dalam ruangan seperti bulu hewan dan debu tungau maupun alergen outdoor seperti serbuk sari bunga dan getah tanaman.

Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa pemilik hewan peliharaan cenderung jarang sakit. Selain itu Memandikan, bermain, atau membelai makhluk berbulu dapat menurunkan tingkat stres baik untuk buah hati maupun kedua orang tuanya.

Mengajarkan rasa tanggung jawab, kasih sayang, dan kepedulian pada anak

Saat Anda merawat hewan, secara tidak langsung anak Anda akan menyerap banyak ilmu dari perilaku yang Anda contohkan, seperti menjadi orang yang baik dan lembut. Si kecil bahkan mampu membantu Anda dengan pekerjaan yang mudah seperti menuangkan makanan ke piring.

Keterlibatan anak secara langsung dalam mengurus peliharaan, akan membuatnya sadar bahwa hewan peliharaan membutuhkan makanan, tempat tinggal, olahraga, dan cinta sama seperti manusia. Hal tersebut membawanya pada pelajaran berharga mengenai empati dan kasih sayang.

Memberi anak rasa nyaman dan mendorong kepercayaan dirinya

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang memelihara binatang mempunyai kepercayaan diri yang lebih tinggi. Hal tersebut bisa terjadi karena hewan peliharaan yang membalas cintanya dengan apa adanya bisa dijadikan teman curhat. Lalu, saat di sekolah anak-anak akan menjadikan hewan peliharaan sebagai topik menarik untuk diperbincangkan dan berbagi minat pada anak-anak lain.

Memperkuat ikatan keluarga

Salah satu kegiatan bersama keluarga ialah perawatan hewan peliharaan. Seperti bersama-sama mengajak anjing jalan-jalan sore, atau saling membantu dalam memandikan dan memberi makan mereka. Waktu yang dihabiskan bersama seperti itu dapat membantu keluarga tumbuh lebih kuat dan lebih dekat. Hewan peliharaan juga bisa dimanfaatkan untuk mengisi waktu bersantai sejenak di tengah kehidupan sehari-hari yang selalu dikejar waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *