Home » Kerajinan Tangan » 5 Macam Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

5 Macam Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Sampah Barang – Barang bekas seperti plastik, kain, kardus, masih bisa dimanfaatkan menjadi barang yang unik dan mempunyai nilai tinggi. Oleh orang – orang kreatif barang – barang bekas tersebut dijadikan sebuah kerajinan tangan unik yang dapat menghasilkan keuntungan. Banyak motif dan bentuk kerajinan yang telah dihasilkannya. Berikut ini contoh  5 macam kerajinan tangan dari barang bekas yang bisa dijadikan inspirasi :

  • Kerajinan dari Botol Bekas

Botol – botol bekas minuman sebagian besar terbuat dari plastik yang bisa menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan . Plastik merupakan sampah yang susah terurai oleh tanah meskipun telah tertimbun ratusan tahun. Oleh karena itu kita bisa ikut menjaga lingkungan dari pencemaran dengan cara mendaur ulang botol bekas minuman tersebut  menjadi kerajinan yang unik, kreatif dan bernilai jual tinggi. Contoh aneka kerajinan tangan yang terbuat dari botol bekas seperti  pot – pot tanaman dengan warna – warni dan motif yang lucu dan unik, tempat pensil dan pulpen yang dikreasikan dengan kain dan warna yang menarik, celengan dengan beraneka bentuk hewan yang lucu dan beraneka kerajinan lainnya.

  • Kerajinan dari Kardus Bekas

Kardus bekas yang tidak terpakai kalau dimanfaatkan dengan baik akan mempunyai nilai jual yang tinggi. Dibutuhkan jiwa kreatifitas untuk merubah kardus menjadi sebuah kerajinan tangan yang unik dan menarik.  Banyak bentuk kerajinan tangan yang bisa dimanfaatkan dari kardus bekas seperti tutup lampu hias, rumah mini untuk boneka kesayangan, aneka topeng super hero beserta aksesorisnya, aneka mainan mobil – mobilan, dan aneka bentuk lainnya.

  • Kerajinan dari Sedotan Bekas

Sampah dari sedotan bekas sering ditemui di sekitar lingkungan kita. Sebagian besar sedotan tersebut terbuat dari plastik yang bisa mencemari lingkungan. Banyak kerajinan yang bisa dibuat dengan memanfaatkan sedotan plastik  seperti aneka bentuk bunga plastik  yang berwarna – warni, lampu – lampu menyerupai lampu Kristal, dan kerajinan yang lainnya.

Baca juga manfaat kerajinan tangan untuk anak-anak.Lihat selengkapnya di cumahobicom

  • Kerajinan dari Kain Bekas

Kain – kain bekas yang sebagian besar berasal dari limbah – limbah pabrik tekstil bisa dimanfaatkan menjadi suatu barang yang berguna dan menghasilkan keuntungan . Biasanya kain – kain bekas itu berupa potongan – potongan kecil yang berwarna – warni atau sering disebut kain perca. Aneka bentuk kerajinan tangan bisa dikreasikan dari kain perca tersebut seperti bros aneka motif bunga dengan warna yang menarik, boneka hias dengan menggabungkan potongan kain yang berbeda – beda, taplak meja, keset lantai dan lain – lain.

  • Kerajinan dari Compact Disc (CD) Bekas.

Compact disc (CD) yang sudah tidak terpakai daripada dibuang ke tempat sampah sebaiknya dimanfaatkan menjadi sebuah kerajinan tangan yang unik, dan mempunyai nilai jual yang tinggi. Dengan bentuknya yang bulat compact disc (CD) bisa dikreasikan menjadi sebuah jam dinding, hiasan dinding dengan motif yang lucu – lucu dan aneka bentuk lainnya.

Jenis – jenis kerajinan tangan seperti di atas dibuat dengan biaya yang murah karena dengan memanfaatkan barang – barang yang sudah menjadi sampah. Dengan memanfaatkan sampah tersebut secara tidak langsung ikut menjaga lingkungan sekitar dari pencemaran.  

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *