Home » hobi » 5 Jenis Teknik Dalam Memancing Ikan yang Sukses

5 Jenis Teknik Dalam Memancing Ikan yang Sukses

Memancing merupakan salah satu hobi yang digemari oleh berbagai kalangan, sekaligus kegiatan yang mampu menghilangkan stress atau beban pikiran. Dalam memancing ikan, terdapat beberapa teknik memancing yang harus Anda pahami dan pelajari terutama sebagai pemancing pemula. Berikut beberapa jenis teknik memancing yang perlu Anda ketahui, antara lain:

5 Jenis Teknik Dalam Memancing Ikan yang Sukses

 

  • Memancing Dasaran

 

Teknik memancing ikan yang satu ini sudah sangat banyak digunakan oleh para pemancing. Kegunaan teknik ini ialah untuk memancing ikan yang sering berada di dasar sungai, laut, empang, ataupun danau. Uniknya, teknik ini bisa dilakukan tanpa joran, bahkan Anda hanya perlu menyiapkan senar, kail dan juga umpan. Inti dari teknik memancing dasaran ini yaitu menenggelamkan umpan ke dasar air dengan menggunakan timah atau pemberat, pelampung, dan juga stopper.

 

  • Trolling

 

Teknik memancing ikan selanjutnya yaitu trolling. Dengan menggunakan reel dan joran khusus 1 bagian dan harus ditarik kapal dengan kecepatan 5 – 7 knot. Trolling biasanya memanfaatkan kayu, fiber glass, dan juga plastik sebagai umpan buatan. Apabila Anda mentargetkan ikan Wahoo, teknik trolling ini biasanya dilakukan dengan kecepatan tinggi.

 

  • Casting

 

Teknik melempar umpan buatan atau Lure kepada target menggunakan joran dan reel ini disebut juga sebagai casting. Teknik ini biasanya dilakukan di kawasan air tawar dan juga air asin baik itu laut, rawa, sungai, dan juga danau. Biasanya umpan yang digunakan berupa umpan buatan baik itu berbentuk serangga, ikan, ataupun binatang laut dengan berat 7 – 20 gram. Dalam melakukan teknik ini, tidak ada patokan khusus berapa kali Anda akan melempar. Selain itu, teknik ini juga sangat efisien.

 

  • Surf Casting

 

Salah satu teknik memancing ikan lainnya yaitu dengan surf casting. Teknik ini juga kerap digunakan para pemancing dimana menggunakan joran yang panjangnya sekitar 350 – 450 cm dan terdiri dari 3 sambungan. Perlu Anda ketahui, jika teknik ini bisa dilakukan di pantai, muara sungai, laut pasang, dan lainnya. Surf Casting ini juga memiliki teknik dasar yang hampir sama dengan casting. Dalam rangkaian pancing dengan teknik ini, diwajibkan menggunakan timah pemberat untuk menahan umpan supaya tidak bergerak atau lainnya.

 

  • Fly Fishing

 

Anda juga bisa mencoba teknik memancing ikan berikut ini yaitu Fly fishing. Teknik ini dikembangkan oleh seorang bangsawan asal Inggris. Secara umum, teknik ini merupakan seni memancing yang memanfaatkan piranti khusus seperti reel, senar, joran, backing line, dan lainnya. Teknik ini juga bisa Anda gunakan saat memancing di perairan air tawar maupun  perairan air asin. Uniknya, teknik ini menggunakan lure sebagai umpan yang berbentuk seperti serangga kecil.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *