Home » Koleksi Barang » 5 Jenis Barang Antik yang Paling Potensial untuk Dikoleksi

5 Jenis Barang Antik yang Paling Potensial untuk Dikoleksi

Barang antik merupakan jenis barang-barang lama yang tidak bisa dengan mudah dijumpai di pasaran kembali, beberapa orang menjadikannya sebagai koleksi di rumah sekedar untuk hobby atau juga bisa lebih dari itu. Mengingat keberadaannya yang sudah sangat langka faktanya barang-barang yang satu ini juga memiliki nilai investasi tersendiri. Sehingga jika melihat dari tawaran harganya di pasaran juga jadi semakin mahal.

Jenis Barang Antik yang Paling Potensial untuk Dikoleksi 

Tak jarang diantaranya yang mendapatkan banyak uang dengan cara menjual koleksi-koleksi mereka. Lalu apakah mungkin untuk mengoleksi barang-barang lama ini sekarang dan menjualnya di kemudian hari, tentunya sangat mungkin untuk dilakukan. Karena memang semakin tua usianya, hal inilah yang akan membuat tawaran harganya meningkat berkali-kali lipat di pasaran.

Adapun beberapa jenis koleksi barang antik yang paling diperhitungkan nilainya, diantaranya adalah: 

  1. Perangko, pada zaman dahulu masyarakat berbagi informasi atau saling berkomunikasi dengan mengandalkan sebuah surat, tidak seperti sekarang ini yang perannya kian digantikan dengan adanya perangkat teknologi atau gadget. Surat ini akan diberi sebuah perangko untuk bisa dikirimkan ke tempat tujuan. Banyak diantara kolektor yang berburu barang semacam ini, bahkan berani membelinya dengan harga hingga puluhan juta rupiah, karena memang ada nilai di setiap lembarannya.
  2. Piringan hitam, alat yang satu ini dulunya dipakai untuk menyimpan musik, nantinya hanya bisa didengarkan dengan menggunakan sebuah alat yang diberi nama dengan gramophone. Tanpa alat yang satu ini tentunya piringan hitam hanya mampu dijadikan sebagai hiasan tanpa bisa didengarkan isinya. Sampai sekarang masih banyak masyarakat yang tertarik memburu koleksi lama.
  3. Uang kuno, hampir setiap negara dalam perkembangannya pasti selalu mengganti mata uang lama mereka dengan yang baru, bukan tanpa alasan, melainkan dipakai untuk menunjukkan era kepemimpinan bahkan juga disebabkan oleh mata uang yang nilainya sudah sangat merosot, sehingga yang paling kecil tak lagi diproduksi. Biasanya semakin tua usia uang tersebut maka sangat sulit untuk dijumpai kembali ke pasaran. Hal inilah yang turut membuat harganya kian melambung.
  4. Buku-buku koleksi lama, tak hanya uang saja, melainkan buku juga jadi salah satu barang yang tidak akan diproduksi lagi di tahun-tahun setelahnya, jika peminat menurun, hal inilah yang membuatnya sangat sulit untuk didapatkan, dengan inilah maka penikmat buku berai membayar mahal untuk mendapatkannya. Jadi jangan langsung diloakkan begitu saja koleksi Anda, akan sangat berguna di kemudian hari.
  5. Kamera analog, sedangkan bagi yang mencintai dunia fotografi pasti mengenal jenis kamera yang sudah jarang lagi keberadaannya ini, karena memang tergantikan dengan seri digital. Barang langka tersebut kini nilainya juga melonjak tinggi, sehingga cocok dikoleksi.

Setidaknya itulah beberapa jenis barang antik yang potensial untuk dikoleksi, karena memang memiliki nilai investasi di kemudian hari.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *