Home » Koleksi Barang » 5 Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Ini Ternyata Sangat Hits Sampai ke Negara-negara Lain

5 Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Ini Ternyata Sangat Hits Sampai ke Negara-negara Lain

Musik bisa dihasilkan perpaduan dari berbagai macam alat-alat yang dimainkan secara bersamaan, nantinya akan mengeluarkan bunyi-bunyi tertentu yang menjadi harmonis, dilengkapi dengan adanya suara merdu maka membuat pendengarnya akan sangat terbuai dari lagu-lagu tersebut. Inilah yang membuat industri musik ini berkembang dengan sangat pesat di dunia. Ada kian banyak musisi-musisi baru yang berkualitas dengan berbagai jenis aliran musiknya. Hanya saja tak bisa dipungkiri bahwa semakin kesini kian banyak masyarakat yang melupakan alat musik tradisional.

5 Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Ini Ternyata Sangat Hits Sampai ke Negara-negara Lain 

Hal ini memang bukan sebuah rahasia lagi, jika kehadiran alat musik baru, apalagi yang berbasis teknologi membuat banyak diantaranya yang mulai melupakan alat musik lama, karena memang lebih mudah untuk dimainkan dengan hasil nada yang lebih bervariasi. Meskipun begitu sebagai salah satu bentuk warisan bangsa tentu ada baiknya untuk tetap mengenalnya, meskipun tidak pernah melihat atau bahkan menggunakan secara langsung. 

Di Indonesia sendiri masih ada beberapa alat musik tradisional yang masih eksis keberadaannya sampai saat ini, diantaranya adalah:

  1. Angklung, bisa dikatakan meskipun tradisional, namun sangat hits di dalam negeri, bagaimana tidak jika seandainya Indonesia sering kali menyajikan permainan tersebut ke berbagai penjuru dunia. Angklung ini dibuat dari kayu bambu, alat musik pukul yang menghasilkan nada khas jika dimainkan bersama-sama.
  2. Sasando, alat musik yang berasal dari NTT ini masih kerap kali dimainkan oleh masyarakat lokal, khususnya adalah untuk menyambut wisatawan atau tamu yang datang ke negara tersebut. Alat musik yang satu ini mirip sekali seperti alat musik petik latataknya gitar maupun kecapi, namun suara yang dihasilkan memang lebih khas, ternyata banyak diantara musisi sasando ini yang sudah keliling dunia untuk memperkenalkannya.
  3. Karinding, berasal dari tanah Sunda, alat musik yang satu ini dimainkan layaknya sebuah suling, yaitu ditempatkan di mulut dan nantinya akan menghasilkan sebuah retaran, geratan inilah yang akan mengeluarkan bunyi-bunyian tertentu.
  4. Gamelan, khusus untuk alat musik ini berasal dari tanah Jawa, Madura, Bali sampai dengan Lombok, biasanya masih sering dimainkan pada acara-acara tertentu layaknya pernikahan. Dilengkapi dengan adanya pertunjukan lain layaknya wayang atau juga sinden yang akan bernyanyi, maka pertunjukan ini sangat populer tak hanya di Indonesia saja, melainkan juga sampai ke negara-negara lainnya, terutama adalah di Belanda.
  5. Tifa, Tifa adalah alat musik dari kawasan Timur Indonesia, yaitu Papua, mirip sebuah gamelan yang dimainkan dengan cara dipukul. Selain itu juga banyak sekali dijadikan sebagai pajangan karena bentuknya yang unik.

Sebagai masyarakat Indonesia, maka harus ikut serta dalam melestarikannya, sehingga alat musik tradisional ini masih bisa dikenal bahkan sampai cucu cicit kedepannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *