Home » Koleksi Barang » 5 Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Ini Popularitasnya Sudah Mendunia

5 Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Ini Popularitasnya Sudah Mendunia

Jika berbicara mengenai musik, memang hampir semua orang menyukainya, hanya saja dalam genre yang berbeda-beda, ada yang lebih senang dengan musik pop, rock, dangdut dan sebagainya. Musik ini lahir bukan hanya dari suara yang indah, melainkan juga bagian terpenting adalah suara layarnya atau dikenal juga sebagai alat musik, alat yang bisa menghadirkan bunyi-bunyian tertentu. Mungkin sekarang ini bermodal sebuah komputer dan sebuah aplikasi sudah bisa mendapatkan suara atau musik yang bagus, namun tidak untuk alat musik tradisional.

 5 Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Ini Popularitasnya Sudah Mendunia

Jenis alat musik yang digunakan pada zaman dahulu, keberadaannya sekarang ini ada yang sudah mulai punah, namun juga tak jarang yang masih tetap eksis bahkan mendunia. Berikut ini diantara beberapa jenis alat musik tradisional asli Indonesia yang keberadaannya masih ada hingga saat ini, bahkan juga sampai dikenal di berbagai negara, yaitu: 

  1. Angklung, alat musik yang terbuat dari bambu dan bisa menghasilkan bunyi dengan cara digetarkan, sering kali ada pertunjukan angklung yang diadakan. Dengan permainan yang dilakukan bersama banyak orang, bisa menghasilkan variasi nada yang berbeda-beda dan juga menciptakan sebuah harmoni unik. Bahkan pertunjukan semacam ini juga sering diadakan hingga ke luar negeri, tak heran jika keberadaannya juga mendunia.
  2. Sasando, alat musik ini juga terbilang unik dari segi bentuknya yang mirip seperti cangkang, sedangkan untuk memainkannya sendiri juga sangat mudah, bisa menghasilkan nada-nada yang indah dan menghanyutkan, tak jarang bahkan artis-artis luar negeri yang datang ke Indonesia hanya untuk belajar bermain alat musik tersebut.
  3. Bonang, biasanya dimainkan secara bersamaan dengan alat gamelan, bonang sendiri adalah salah satu komponennya yang dimainkan dengan cara dipukul, dapat menghasilkan nada-nada yang indah. Karena ini adalah bagian inti, sehingga jika gamelan tanpa ada alat musik ini tentunya tak akan berjalan dengan lancar. Ia cukup mendunia karena sering kali dipamerkan dalam ajang pertunjukan musik tradisional di luar negeri.
  4. Gendang melayu, dimainkan dengan cara memukulnya, biasanya digunakan untuk mengiringi musik dangdut atau acara-acara berbau adat istiadat. Nadanya yang indah membuat banyak orang menyukainya, tak hanya populer di Indonesia, melainkan juga negara-negara tetangga yang lain.
  5. Serunai, ini adalah alat musik khas dari negara Nusa Tenggara Barat yang dimainkan dengan cara meniupnya. Meskipun hampir sama dengan seruling, namun ternyata suara yang dikeluarkan amat jauh berbeda dari seruling tersebut. Alat musik satu ini banyak dimainkan untuk pagelaran-pagelaran atau ditujukan dalam menyambut tamu.

jadi cintailah budaya Indonesia, lestarikan alat musik tradisional ini, patut berbangga jika seandainya popularitasnya sampai ke luar negeri, jangan sampai warisan budaya semacam ini akan dicuri oleh negara lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *