Home » Peluang Bisnis » 5 Ide Usaha untuk Mahasiswa

5 Ide Usaha untuk Mahasiswa

Menjadi mahasiswa adalah salah satu fase dalam kehidupan dimana seseorang harus belajar, tak hanya untuk belajar agar bisa wisuda tepat waktu, namun juga belajar untuk mempersiapkan diri sebelum terjun ke masyarakat setelah wisuda. Akan tetapi dalam masa belajar itu, tak jarang ada banyak kendala, salah satunya adalah kendala biaya sehingga mahasiswa pun harus memutar otak bagaimana bisa bertahan hidup, ada yang bekerja sambilan, dan ada juga yang mulai membuka usaha. Berikut ini adalah beberapa ide usaha yang dapat dilakukan oleh mahasiswa, yaitu:

Jual Pulsa

Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini pulsa menjadi kebutuhan utama di kehidupan sehari-hari, tak terkecuali untuk mahasiswa. Oleh karena itu, jual pulsa bisa dijadikan usaha untuk mahasiswa. Jual pulsa ini tak harus memiliki konter, akan tetapi cukup pesan pulsa via sms, maka pelanggan pun dapat terlayani dengan baik. Namun, yang harus diperhatikan apabila ingin berjualan pulsa, harus diterapkan aturan agar pelanggan tidak menunggak pembayaran. Maksimal beri kelonggaran maksimal hanya boleh satu atau dua kali menunggak pembayaran, karena apabila tidak diberlakukan aturan seperti itu, maka modal berjualan pulsa tidak akan bisa mengalami perputaran, dan ujung-ujungnya laba dan modal pun ludes karena banyaknya orang yang menunggak pembayaran.

Jual Buku

Mahasiswa tentunya menjadi sasaran atau target yang empuk dalam bisnis buku. Selain berjualan buku-buku diktat kuliah, bisa juga menjual buku-buku bacaan lain seperti novel. Untuk berjualan buku ini bisa dengan cara mencatat pesanan-pesanan buku terlebih dahulu dan menerima pembayaran DP, barulah kemudian kita membeli buku tersebut ke penerbit atau toko-toko buku yang memberikan diskon. Pembayaran DP dimaksudkan untuk menghindari PHP dari calon pembeli.

Jual Produk Fashion

Pakaian menjadi salah satu kebutuhan primer bagi manusia, oleh karena itu, ide usaha di bidang fashion ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang menarik dan menjanjikan bagi mahasiswa. Misalnya berjualan kaos, baju, celana, juga jual aneka hijab.  

Baca Juga:6 Ide Bisnis Sampingan yang Bisa Dicoba Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Jasa Foto dan Video

Ikut club fotografi atau menjadi mahasiswa seni dan memiliki kemampuan fotografi? Tak ada salahnya untuk memasarkan jasa foto dan video. Jasa foto dan video ini bisa ditawarkan ketika ada acara seminar di kampus atau ketika ada acara wisuda. Sebagai permulaan, pasang harga yang terjangkau, maka ini bisa menjadi daya tarik sendiri bagi mahasiswa yang ingin membuat kenangan di hari kelulusan.

Jasa Les privat

Kuliah di jurusan pendidikan? Tak ada salahnya untuk membuka jasa les privat. Selain bisa menghasilkan uang, bisnis jasa les privat ini juga bisa melatih mahasiswa sebelum terjun menjadi guru sebenarnya.

Itulah 5 (lima) ide usaha yang bisa dilakukan oleh mahasiswa, selain mudah, murah, tak membutuhkan banyak modal, juga bisa menjadi pintu pembuka peluang usaha ketika sudah lulus nantinya.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *