Home » Hewan Peliharaan » 5 Hewan Cantik yang Menarik Untuk Dipelihara Pecinta Reptil

5 Hewan Cantik yang Menarik Untuk Dipelihara Pecinta Reptil

Meski hampir semuanya menyeramkan, tapi untuk para pecinta reptil, hewan ini memiliki tampilan eksotis dan cantik. Reptil merupakan salah satu hewan berdarah dingin yang memiliki daya tari tersendiri sehingga mampu menyita perhatian para pecinta hewan dan tak ragu untuk dijadikan binatang peliharaan. sehingga menjadikannya hewan kesayangan. Berikut ini ada reptil-reptil cantik dan sangat menarik jika dijadikan hewan peliharaan.  

5 Hewan Cantik yang Menarik Untuk Dipelihara Pecinta Reptil

Bearded Dragon atau Pogona

Reptil jenis kadal ini berasal dari Benua Australia dan dikembangbiakkan dengan cara ditangkar. Hewan reptil ini memiliki karakter yang sangat lembut dan ramah, sehingga begitu dicintai oleh pecinta reptil. Selain tidak ganas, reptile ini juga disenangi karena keunikannya saat mempertahankan dirinya, yakni lehernya membentuk seperti ‘jilatan api’ mirip seperti naga.

Corn Snake

Bagi sebagian orang, ular merupakan hewan berbahaya yang dapat mematikan karena bisanya. Namun, tidak semua ular berbahaya. Bahkan ada yang bisa dijadikan hewan peliharaan di rumah, yakini ular jagung. Reptile jenis ini sangat mudah dipelihara, memiliki tabiat yang tenang, bahkan saat diberi makan hewan ini tidak agresif. Lebih penting lagi, ular ini tidak memiliki racun seperti pada ular-ular jenis lainnya.  Alasan lain mengapa hewan ini begitu disenangi oleh para pecinta reptil karena mampu bertahan hidup hingga usia 23 tahun dan memiliki panjang rata-rata 1,2 sampai 1,8 meter.

Leopard Gecko

Reptil jenis kadal ini berasal dari daratan Asia Selatan dan menjadi peliharaan favorit di negara asalnya. Alasan mengapa hewan ini cocok dijadikaan peliharaan karena pembawaanya yang tenang dan tidak agresif seperti hewan reptil lainnya. Selain itu, Leopard Gecko bisa hidup di situasi apa pun. Tak heran jika hewan yang memiliki panjang rata-rata 20-28 cm dan berat sekitar 45-65 gram ini jadi favorit pecinta reptil. Jika Anda tertarik memelihara reptil ini, maka sebaiknya perlakukan dengan hati-hati karena ekornya sangat rentan putus meskipun akan tumbuh kembali.

Bunglon

Jenis reptil yang satu ini sangat mudah mengalami stress saat merasa lingkungan barunya tidak sama dengan lingkungan sebelumnya ia berada.  Untuk itu, perlakukan hewan ini dengan hati-hati jika Anda ingin memeliharanya. Jenis bunglon yang menarik untuk dipelihara adalah jenis Veiled Jackson dan Panther.

Red Eared Slider

Hewan yang satu ini adalah kura-kura air tawar yang sangat cocok dijadikan peliharaan yang menyenangkan. Hanya saja, Anda harus berhati-hati, karena ada beberapa kura-kura bisa menulari bakteri Salmonella. Oleh karena itu, jika pecinta reptil ini ingin membelinya sebagai hewan peliharaan, sebaiknya pilih yang memiliki lisensi standar bebas penyakit menular dari dokter hewan atau pusat penangkaran. Untuk memelihara hewan ini, Anda harus menempatkannya di tempat yang rata dan beri makan cukup seminggu 2 atau 3 kali saja.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *