Home » Hobi ekstrim » 4 Tips Tepat untuk Bermain Ski Bagi Pemula

4 Tips Tepat untuk Bermain Ski Bagi Pemula

Ketika berlibur ke negara empat musim dan menjumpai musim dingin, yakni musim dimana salju turun maka jangan lupa menikmati olahraga ski. Olahraga ini bisa disebut dengan istilah seluncur es merupakan jenis olahraga ekstrim di perbukitan atau pegunungan yang tertutup oleh salju. Indonesia yang merupakan negara tropis tentunya sulit dan mustahil menemukan salju turun kecuali Anda mendaki gunung Jayawijaya yang merupakan puncak gunung tertinggi di negara kita. Itupun hanya di puncak sehingga untuk bermain seluncur es pun kurang mendukung.

Tips Bermain Seluncur Es Bagi Pemula

Beberapa tempat wisata juga membuka area seluncur es, biasanya ice skating, dan sensasinya tentu berbeda karena di dalam ruangan. Nikmati kegiatan seluncur es ini ketika berada di negara lain dan kebetulan tengah musim dingin. Kalau masih pemula dan baru tahap belajar beberapa tips ini bisa sedikit membantu:

  • Memperhatikan pakaian yang dikenakan,

Pakaian yang digunakan tentu kurang cocok jika hanya memakai kaos dan celana jeans, ada ketentuan tertentu untuk menjadikan pakaian tersebut cocok dipakai. Salah satu syaratnya adalah pakaian tersebut tebal sekaligus tahan air karena bermain seluncur es dijamin berada di lokasi dengan suhu minus dan sangat lembab.

  • Pastikan memakai peralatan yang memadahi,

Peralatan yang digunakan untuk bermain ski pun ada ketentuannya sama halnya dengan pakaian yang digunakan. Anda memerlukan minimal papan seluncur dan kacamata khusus untuk daerah bersalju. Ketika mendatangi lokasi yang sering dijadikan pilihan orang bermain seluncur es maka dipastikan akan menemukan jasa penyewaan peralatan seluncur es. Biaya yang dikeluarkan mungkin lebih tinggi namun Anda tidak perlu pusing membawanya pulang ke tanah air sehingga menjadi beban bagasi pesawat.

Baca Juga: Kiat Tepat Memilih Sepatu Roda yang Sesuai dengan Kebutuhan

  • Sering menonton tutorial di YouTube,

Berhubung orang di negara sendiri tidak pernah memainkan olahraga seluncur es maka referensi olahraga ini hanya bisa ditemukan di internet. Sebab banyak orang di negara empat musim sering memberikan tutorial untuk belajar bermain seluncur es tersebut. Anda bisa menemukannya di YouTube maupun di media sosial, pilih media yang dirasa paling mudah dan cocok dengan kondisi. Mempelajari lewat video memang gampang-gampang susah, kalau kurang cocok bisa meminta panduan ahlinya di lokasi.

  • Fokus melihat pandangan ke depan,

Pemula biasanya akan ketakutan ketika melihat pemandangan di depannya, sebab ketika di puncak ketinggian biasanya akan memacu adrenalin atas apa yang dilihat. Namun untuk mencegah ketakutan dan resiko kecelakaan selama berseluncur es maka perlu menata emosi dan memastikan diri tenang terlebih dahulu. Supaya aman malah dianjurkan melihat ke depan karena ketika fokus pandangan ke kaki sendiri yang ada tidak akan menyadari ada rintangan di depan. Maka lihatlah ke depan saat bermain ski supaya semakin lihai dan meminimalisir kecelakaan.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *