Home » Travelling » 4 Tips Naik Gunung

4 Tips Naik Gunung

Menurut mitos, siapapun yang naik gunung akan mengetahui siapa dirinya yang sebenarnya, sifatnya dan juga eksistensinya. Hal tersebut tentunya bukan sekedar mitos belaka. Memang menurut para pendaki-pendaki yang sering mendaki gunung. Menuturkan, kadang sebagian orang yang baru pertama mendaki gunung. Pada akhirnya ia akan tahu dirinya, ketika sesampainya di puncak gunung. Mendaki bagi sebagian orang, termasuk kegiatan adeventure yang menyenangkan. Mereka lebih bisa memahami alam raya yang indah, mensyukuri ciptaan Tuhan yang Maha Kuasa. Di puncak gunung itu, kita semua serasa kecil di hadapan Alam. Jika Anda adalah seorang pendaki pemula, yang ingin mendaki gunung. Luangkanlah waktu Anda sebentar, untuk membaca artikel 4 tips naik gunung ini:

  • Mempersiapkan segala mental lahir dan batin

Seminggu sebelum Anda hendak naik gunung, ada baiknya Anda mempersiapkan segala mental lahir dan batin Anda. Fisik anda harus ditempa dengan banyak olahraga. Seperti berlari, bersepeda atau berenang. Ini sangat penting untuk membuat tubuh Anda menjadi bugar dan siap untuk mendaki.

  • Pemilihan lokasi pendakian

Tentu saja sebelum Anda ingin mendaki  sebuah gunung. Anda harus mencari info terkait gunung-gunung yang ingin Anda daki. Pelajarilah segala rute, lokasi, dan cuacanya. Sampai tuntas. Jadi ketika Anda sudah ada di medan Anda sudah terlebih bisa was-was dan lebih hati-hati. Jika Anda seorang pendaki pemula, mulailah dari pendakian yang tidak begitu berat traknya dan medannya.

Baca Juga:Daftar Pantangan Saat Naik Gunung yang Harus Ditaati

  • Mempersiapkan perlengkapan dan kebutuhan selama dalam pendakian

Untuk lebih memudahkan pendakian Anda. Anda harus sigap dalam mempersiapkan perlengkapan dan kebutuhan selama pendakian nanti. Jangan sampai alat yang Anda butuhkan dalam pendakian, lupa terbawa. Ini akan fatal akibatnya. Buatlah draft tulisan barang-barang yang Anda butuhkan selama dalam pendakian. Seperti jas hujan, sleeping bag, kompor fleksibel, obat-obatan, korek api, senter, ransel khusus naik gunung, radio, dan kantong plastik (kantong plastik sangat bermanfaat, untuk dijadikan tempat sampah selama di jalan)

  • Meminta Izin kepada orang tua

Ini tips yang paling penting, dan harus Anda laksanakan. Yakni, meminta izin alias restu orang tua Anda, sebelum berangkat ke medan pendakian gunung. Doa mereka, sangat berpengaruh bagi perjalanan Anda. Yang Anda hadapi adalah medan alam. Yang susah ditebak. Banyak kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi di dalam perjalanan pendakian Anda. Nah, doa orang tua Anda, percayalah cukup berpengaruh bagi keselamatan Anda. Mintalah izin. Jika dizinkan berangkatlah. Jika tidak dizinkan . Ya jangan berangkat. Lain kali saja.

Tips naik gunung di atas, bagi para calon pendaki pemula, semoga bisa dijadikan rujukan dasar bagi Anda yang memang sudah sangat ingin mencoba mendaki gunung. Meraih pengalaman bersama teman-teman Anda.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *