Home » Hobi ekstrim » 4 Langkah Mudah Mempelajari Teknik Surfing Bagi Pemula

4 Langkah Mudah Mempelajari Teknik Surfing Bagi Pemula

Kata orang untuk menikmati keindahan laut beserta ombaknya dengan maksimal maka seseorang perlu melakukan surfing. Kegiatan satu ini juga sering disebut dengan berselancar bagi masyarakat kita sehingga mudah disebut dan dipahami orang sekitar. Berselancar menjadi jenis olahraga air yang dikenal punya banyak peminat, meski resikonya tinggi namun manfaat yang diberikan tentu membuatnya impas atau sepadan. Anda tidak harus membeli perlengkapan sendiri untuk bisa berselancar, selagi masih belajar maka bisa memilih menyewa saja supaya lebih hemat.

Langkah-langkah Belajar Selancar

Belajar teknik berselancar dengan baik menjadi syarat mutlak agar bisa menikmatinya setiap kali berlibur ke pantai. Namun tidak semua pantai cocok untuk berselancar perlu melirik kondisi ombaknya seperti apa, dan langkah-langkah berikut membantu Anda belajar berselancar dengan baik:

  • Memilih papan selancar yang tepat,

Membantu memudahkan usaha belajar teknik berselancar dengan baik dan benar maka mulailah dengan mencari papan yang baik. Usahakan tidak terlalu berat maupun terlalu ringan serta tidak memiliki retakan. Retakan bisa mempengaruhi keseimbangan saat berdiri di atasnya sehingga akan sulit ditaklukkan oleh kalangan pemula, bawalah pemandu pada saat menentukan pilihan.

  • Belajar mengendarai papan untuk sampai ke laut,

PR pertama yang harus dipecahkan oleh pemain surfing atau surfer adalah bagaimana membawa papan selancar ke lokasi dimana ombak berada. Tentunya tidak tepat jika hanya dibopong hingga menyentuh area berombak sebab bisa jadi sebelum bisa duduk di atasnya Anda sudah tertelan ombak tersebut. Tekniknya terlihat simpel namun jangan digampangkan, bopong papan tersebut sampai sedikit ke tengah minimal air pantai menyentuh paha. Tengkurap di atasnya kemudian dikayuh hingga agak ke tengah mendekati ombak.

  • Mulailah belajar berdiri di atas papan,

Tingkat yang paling sulit dalam berselancar bukan terletak pada bagaimana tetap berdiir tegak ketika ombak bergelung mengelilingi badan. Bagian tersulit justru terletak pada bagian dimana Anda mencoba berdiri dari posisi tengkurap di atas papan selancar tersebut. Beberapa orang bisa hanya beberapa kali berlatih dan sudah bisa berdiri dengan nyaman namun ada pula yang sampai beberapa bulan. Jadi jangan sampai putus asa belajar, usahakan terus berlatih dan menemukan posisi yang paling memberi keseimbangan.

  • Cermat dalam memilih pantai,

Salah memilih pantai untuk berselancar bisa mempengaruhi lancar tidaknya proses belajar sehingga jangan sembarangan. Beberapa pantai dikenal sebagai surga para peselancar namun bisa jadi kurang cocok untuk kalangan pemula. Usahakan memilih pantai dengan ombak yang ringan sekaligus tidak memiliki banyak batu karang di bibir pantai. Lakukan dulu survei di internet untuk menentukan lokasi yang mendukung supaya proses belajarnya semakin mudah. Sia-sia peralatan surfing terbaik digunakan kalau sampai salah lokasi, yang ada malah selalu gagal.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *