Home » Hobi Menyehatkan » 4 Kiat Agar Bebas Cedera Saat Bermain Sepak Bola

4 Kiat Agar Bebas Cedera Saat Bermain Sepak Bola

Suka bermain sepak bola? Entah untuk menghindari dan mengurangi stress maupun untuk menjaga tubuh tetap bergerak aktif melalui olahraga. Bermain olahraga dengan bola ini tentu menjadi pilihan menarik apalagi sangat menyenangkan karena dilakukan bersama banyak orang. Semakin sering maka semakin baik sebab olahraga fisik jenis dan bentuk apapun akan membantu memperbaiki metabolisme tubuh. Sehingga menjadikan pelakunya mampu memiliki tubuh yang sehat dan bugar, resiko sakit dan masalah kesehatan lain bisa dihindari sejak dini

Kiat Agar Tidak Mudah Cedera Saat Bermain Bola

Sebagai olahraga berkelompok dan dilakukan di tengah lapangan ternyata permainan bola ini rentan terhadap resiko cedera. Bagaimana mencegahnya? Nah, beberapa kiat berikut bisa membantu Anda:

  • Lakukan pemanasan dengan baik,

Sebelum melakukan olahraga, apapun jenisnya, tentu wajib sekali untuk melakukan pemanasan agar otot tubuh tidak kaget dan kram. Akhirnya pelaku olahraga bukannya mendapatkan tubuh yang segar dan bugar melainkan kesakitan. Pemanasan ini bisa dilakukan beberapa menit saja sehingga dijamin tidak akan mengurangi durasi permainan bola Anda bersama kawan-kawan.

  • Gunakan atribut yang sesuai dan mendukung,

Sebagaimana jenis olahraga lainnya, olahraga sepak bola juga perlu ditunjang dengan atribut yang tepat terlebih resiko cideranya terbilang tinggi. Bagi Anda yang memang suka memainkan olahraga lapangan ini usahakan memakai jersey yang tepat. Selain nyaman, ukuran, bahan, dan lain sebagainya wajib sekali disesuaikan dengan kebutuhan. Tentunya cara ini akan membantu meningkatkan kenyamanan selama bermain sehingga resiko cedera bisa ditekan, terlebih untuk atribut sepatu. Wajib sekali memakai sepatu khusus olahraga bola bukan yang lainnya.

  • Kenali kondisi tubuh sebaik mungkin,

Semua orang tentu akan sangat paham bagaimana dengan kondisi tubuhnya, pemilik tubuh itu sendiri akan tahu kapan merasakan sakit dan sehat. Saat suhu tubuh meningkat karena demam, tenggorokan sakit sebagai gejala awal flu, dan sebagainya maka tubuh butuh istirahat. Kalau dipaksakan untuk berolahraga fisik seperti bermain bola dijamin hasilnya tidak maksimal dan malah berbahaya. Resiko mengalami cedera semakin tinggi, Anda tentu tidak akan menyukai dampaknya maka lakukan olahraga ini ketika tubuh benar-benar fit dan benar-benar menikmati permainan secara keseluruhan.

  • Pastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi,

Sebelum bermain bola usahakan untuk minum air dalam jumlah yang cukup beberapa menit sebelumnya. Tujuannya untuk menghindari resiko dehidrasi selama beradu berebut bola di tengah lapangan, sebab dehidrasi bisa menurunkan konsentrasi. Permainan yang tadinya menyenangkan menjadi terganggu dan resiko salah melakukan gerakan semakin tinggi dan berakibat pada cedera. Maka penuhi kebutuhan cairan tubuh untuk memastikan tidak mengalami dehidrasi dan pingsan di tengah lapangan. Kalau diperhatikan dengan baik maka dijamin selama menikmati olahraga sepak bola bebas dari cedera.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *