Home » Mainan » 4 Kelebihan yang Dimiliki Permainan Tradisional Sehingga Wajib Dikenalkan ke Anak

4 Kelebihan yang Dimiliki Permainan Tradisional Sehingga Wajib Dikenalkan ke Anak

Maraknya mainan modern yang memakai baterai, mulai dari mainan telepon-teleponan dengan baterai sampai gadget. Membuat anak-anak di zaman modern seperti sekarang semakin tidak kenal dengan yang namanya permainan tradisional. Nah, Anda yang sudah memiliki buah hati bisa memperhatikan tumbuh kembangnya dan ketika sejak dini tidak diperkenalkan dengan permainan masa dulu dijamin mereka akan melupakannya. Padahal ada banyak kelebihan dan manfaat yang diusung oleh permainan yang sifatnya tradisional ini, maka orangtua manapun tidak akan rugi memperkenalkannya ke anak.

Kelebihan Permainan yang Sifatnya Tradisional

Kalau dibuat daftar tentu jenis permainan tempo dulu ini sangat banyak, beberapa melibatkan strategi dan ada pula yang mengasah kreatifitas. Memperkenalkan si kecil dengan permainan ini tentu sangat tepat sebab memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:

  • Membuat anak banyak bergerak,

Permainan yang sifatnya tradisional membuat siapa saja yang menikmatinya akan banyak bergerak. Sehingga tidak seperti bermain dengan gadget yang membuat anak memainkannya sembari duduk santai atau malah tiduran. Menjadikan si kecil terbiasa bergerak dan tubuhnya menjadi sehat maka kenalkan mereka dengan permainan tempo dulu ketika Anda masih kecil.

  • Mengasah kemampuan anak dalam bersosialisasi,

Menikmati permainan tradisional memang perlu diakui tidak seru dan tidak memungkinkan dilakukan seorang diri. Minimal dilakukan oleh dua anak atau antara anak dengan orangtuanya sehingga permainan tersebut bisa dijalankan. Melalui kondisi seperti ini maka secara langsung anak diajak untuk aktif bersosialisasi, sehingga bisa mengungkapkan emosi dan isi kepalanya ke orang lain. Ketika memperkenalkan anak ke permainan modern maka dijamin akan membuatnya menjadi pribadi yang tertutup, sehingga bukanlah keputusan yang tepat.

Cari tau juga beberapa permainan tradisional yang sempat populer di masa nya. Baca selengkapnya di cumahobi.com

  • Mendukung kemampuan otak anak untuk berkembang,

Anak-anak yang sudah terbiasa memainkan permainan zaman dulu yang tidak kenal dengan gadget tentu akan terbiasa berpikir. Semua permainan ini menuntut anak-anak untuk kreatif dan juga cekatan supaya bisa memenangkan permainan sehingga terasa sekali kesemuanya. Secara otomatis permainan semacam ini juga membantu untuk mendukung tumbuh kembangnya, dan baik sekali untuk mengasah kecerdasan anak. Pertimbangkan untuk memperkenalkannya pada mereka sehingga bisa membantu membuat mereka cerdas dalam berpikir, dan mengakali suatu persoalan agar terselesaikan dengan baik.

  • Menikmati permainan ramah lingkungan,

Kalau Anda membuat si kecil lebih akrab dengan mainan modern memakai baterai, apalagi gadget maka secara tidak langsung memperkenalkan mainan yang mengotori lingkungan. Bandingkan dengan permainan zaman dulu yang bisa mengolah limbah menjadi sebuah mainan yang seru dan menarik untuk dimainkan selepas jam sekolah. Selain itu masih jarang mainan mengandung bahan kimia yang berasal dari baterai ataupun material dari mainan di zaman sekarang. Sebagai pilihan aman maka tidak salah memperkenalkan permainan tradisional pada buah hati Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *