Home » Mainan » 4 Jenis Mainan Tradisional yang Mulai Kehilangan Pamor

4 Jenis Mainan Tradisional yang Mulai Kehilangan Pamor

Bermain menjadi salah satu kodrat seorang anak dan tentunya mereka membutuhkan mainan yang tepat sebab bisa menjadi aktifitas dual manfaat. Yakni bermain sekaligus belajar, dulu ketika anak sering memainkan mainan tradisional maka manfaat belajar yang diberikan sangat banyak. Sayangnya semakin kesini semakin sedikit generasi anak bangsa yang mengenal mainan-mainan bersifat tradisional tersebut. Padahal cara memainkannya sederhana dan mudah kemudian murah pula untuk dimiliki, sehingga anak kecil zaman dulu tidak kenal namanya ajang pamer mainan terbaru

Jenis Mainan Tempo Dulu yang Mulai Terlupakan

Mainan tempo dulu lebih banyak menuntun anak untuk kreatif, cerdas, dan juga banyak bergerak sehingga anak cenderung sehat. Sayangnya dari sekian jenis mainan yang dulu disukai anak-anak kini mulai terlupakan dan tergeser, berikut adalah beberapa jenisnya:

  • Congklak,

Congklak memiliki nama lain yaitu dakon, mainan ini berbentuk papan memanjang yang di dalamnya terdapat belasan lubang. Setiap lubang diisi sekitar 10-15 biji tanaman atau batu, kemudian siapa yang lubang paling ujung bisa menyimpan banyak biji dialah yang menang. Saat ini toko mainan juga masih menjual congklak sayangnya peminat mainan lawas ini terbatas, dulunya terbuat dari batang pohon sekarang dari plastik.

  • Layangan,

Salah satu mainan tradisional yang sering dimainkan anak laki-laki dan sangat populer di masanya adalah layangan. Terbuat dari bahan kertas dan kerangka dari material bambu, kertas direkatkan dengan lem minyak. Saat ini ada beberapa produsen yang membuat layangan dengan aneka jenis dan dijual dengan kisaran harga variatif. Namun bisa dikatakan jauh lebih murah ketimbang mainan modern yang kadang hanya terbeli kalangan tertentu. Layangan bisa dianggap sebagai pesawat terbang memainkannya pun perlu ke lapangan luas.

Baca juga di cumahobi.com ada banyak sekali macam-macam permainan tradisional

  • Kelereng,

Mainan lawasan jenis kelereng memang populer di masanya, saat ini meski turun pamor namun tetap bisa dijumpai di penjual mainan. Pola permainannya sendiri sangat sederhana, cukup menata kelereng sesuai dengan titik yang dibuat. Kemudian dipukul dengan kelereng lain, semakin mudah mengenai kelereng lain maka sudah menjadi hak milik. Siapa yang paling banyak mendapat kelereng dialah yang menang. Saat ini kelereng hadir dalam banyak ukuran dan juga desain sehingga lebih menarik dibanding zaman dulu.

  • Gasing,

Gasing juga menjadi jenis mainan tempo dulu yang sangat populer diantara kalangan anak lelaki, sebab sangat seru saat dimainkan. Bentuknya sederhana hanya berupa bongkahan kayu yang memiliki poros, sekilas seperti planet Saturnus. Diputar memakai seutas tali dan dijatuhkan ke tanah, ketika gasing berputar paling lama maka pemiliknya adalah sang pemenang. Gasing ini memang punya desain simpel, namun mainan tradisional ini disukai anak-anak zaman dulu memainkannya pun di tengah lapangan beramai-ramai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *