Home » hobi » 4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Memancing Ikan di Sungai

4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Memancing Ikan di Sungai

Banyak orang yang senang menghabiskan waktu luangnya dengan melakukan kegiatan memancing ikan, sebagian besar diantaranya adalah kaum adam. Bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya aktivitas satu ini memang memberikan banyak sekali manfaat bagi mereka, selain berguna untuk membuang rasa jenuh, memancing juga bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang dan juga berguna dalam melatih kesabaran diri Anda.

 

Ada banyak tempat yang bisa dijadikan sebagai lokasi untuk memancing tersebut, diantaranya adalah dengan datang ke pemancingan, biasanya di setiap daerah tersedia kolam pemancingan ikan yang akan sangat ramai di kala weekend, kemudian jika ingin yang lebih menantang atau sedikit ekstrim maka dapat memancing di laut ataupun memancing di sungai. Tentunya jenis ikan yang didapatkan nantinya akan berbeda-beda, menyesuaikan dengan tempat dimana Anda memancing.

 

Bagi yang lebih senang memancing dalam ketenangan dan juga alam, maka sangat cocok untuk datang ke sungai. Berikut ini beberapa tips memancing ikan di sungai agar bisa mendapatkan tangkapan yang banyak, diantaranya adalah:

 

  1. Memilih lokasi atau spot yang paling tepat untuk memancing, ingat bahwa jenis ikan yang ada di sungai sangatlah banyak, diantaranya adalah ikan lele, kemudian juga ada ikan betutu, bloso, sogo dan masih banyak lagi diantaranya, lokasi atau spot ini umumnya harus menyesuaikan dengan jenis ikan apa yang ingin ditangkap, karena mereka hidup di area yang berbeda-beda.
  2. Persiapkan alat memancing yang tepat, mulai dari senang, reel hingga yang tak kalah penting adalah kail, ikan di sungai umumnya memiliki ukuran yang kecil-kecil dan juga cara memakan umpan berbeda dengan ikan di laut, sehingga disarankan untuk memilih kail yang paling tepat agar buruan nantinya tidak akan lepas. Sarana yang digunakan hendaknya juga harus benar-benar lengkap.
  3. Bawalah umpan yang sesuai, umpan untuk memancing ini ragamnya begitu banyak, mulai diantaranya adalah cacing tanah, kemudian juga bisa menggunakan lumut sawah, katak dan yang lainnya, perhatikan ukuran umpan yang dipakai, sebaiknya gunakan yang kecil saja, karena belum tentu ikan yang ada di sungai tersebut besar dan mampu menelan semuanya.
  4. Pilihlah waktu terbaik dalam memancing, setidaknya adalah waktu-waktu dimana ikan keluar dan mencari makan, dengan demikian akan lebih mudah menghasilkan tangkapan yang banyak jumlahnya.

 

Sangat mudah bukan, memancing ikan di sungai ini lebih sedikit sarana yang dibutuhkan dibandingkan dengan memancing di laut, apalagi bagi Anda yang menghendaki ikan-ikan besar, maka butuh perjuangan yang benar-benar tinggi jika ingin memancing di tengah laut. Paling tidak waktu senggang Anda akan lebih bermanfaat untuk olahraga-olahraga semacam ini, jika beruntung nantinya juga bisa menghasilkan tangkapan yang cukup.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *