Home » Hobi ekstrim » 4 Bentuk Persiapan Sebelum Melakukan Arum Jeram

4 Bentuk Persiapan Sebelum Melakukan Arum Jeram

Rafting atau arum jeram menjadi jenis olahraga ekstrim yang menantang siapa saja untuk menaklukkan sungai yang galak. Anda yang memang suka kegiatan alam dan menantang tentunya cocok menikmati olahraga satu ini. Akan tetapi jangan menciut dulu nyalinya karena sebagai jenis olahraga yang sudah tidak asing dan banyak penggemarnya maka ada standar untuk menikmatinya. Dijamin aman karena ditunjang dengan perlengkapan serta pemandu yang siap memberikan arahan di dalam perahu karet yang dikemudian, selain itu juga dilakukan berkelompok.

4 Bentuk Persiapan Sebelum Melakukan Arum Jeram

Persiapan Sebelum Rafting Dilakukan

Kalau Anda butuh kegiatan yang memupuk keberanian serta memacu adrenalin agar pikiran tidak lagi stress coba saja olahraga air ini. Namun sebelum itu simak serangkaian persiapan berikut supaya benar-benar aman dinikmati:

  • Melakukan survei untuk mengecek kondisi sungai,

Sungai adalah medan atau area untuk menikmati rafting, biasanya dipilih sungai yang memiliki batuan di tengahnya. Sehingga memiliki arus yang berbeda di setiap titiknya supaya memberikan tantangan bagi penikmat rafting. Melihat sungai yang ditunjuk memang ekstrak secara alami ada baiknya melakukan survei dulu, supaya tingkat kesulitannya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

  • Selalu ikuti dan patuhi instruksi pemandu,

Setiap kali melakukan arum jeram maka dijamin akan didampingi oleh pemandu, sebelum beraksi akan dilakukan breafing terlebih dahulu. Selama rafting baik sebelum maupun sesudahnya usahakan selalu mematuhi apa yang disampaikan oleh pemandu tersebut. Sebab sebanyak apapun pengalaman Anda menikmati olahraga air sungai ini tetap saja pemandu tersebut yang lebih paham medan. Pengalaman mereka lebih banyak karena puluhan sampai ratusan kali mengalahkan keganasan sungai tersebut maka jangan uji nyali dengan mengabaikan mereka.

Baca Juga:Sebelum Menikmati Arum Jeram Simak Dulu 4 Kiat Aman Berikut Ini!

  • Gunakan semua perlengkapan yang dibutuhkan,

Selama rafting dilakukan maka dijamin akan berkenalan dengan aneka perlengkapan, baik perahu beserta dayungnya maupun apa yang perlu dikenakan. Misalnya pelampung ataupun jenis pakaian yang perlu dipakai untuk melintasi sungai ganas tersebut. Usahakan perlengkapan keamanan model apapun yang disediakan oleh pengelola sungai rafting tersebut untuk dipakai. Tentu tidak akan rugi karena tinggal pakai saja dan tidak harus membelinya, sekedar menyewa apalagi ini demi keselamatan Anda selama mengarungi arus sungai.

  • Usahakan makan dan pemanasan dulu,

Sebelum menikmati olahraga sungai ini usahakan untuk mempersiapkan badan dan juga mental, kalau mental dijamin sudah memupuk keberanian sejak lama. Bagaimana soal kekuatan fisik? Meski terlihat biasa-biasa saja tinggal main dayung namun tenaga Anda sangat dikuras di aktifitas ini. Maka jangan lupa makan dulu dan itupun beberapa jam sebelum beraksi di sungai, kalau habis makan langsung rafting dijamin perut sakit dan muntah. Usahakan makan dulu sebelum menikmati arum jeram agar tidak kedinginan ataupun kehabisan tenaga.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *