Home » Koleksi Barang » 4 Alat Musik Modern yang Susah Dimainkan

4 Alat Musik Modern yang Susah Dimainkan

Ada beragam jenis alat musik, ada yang modern dan ada yang tradisional. Jika alat musik tradisional berasal dari tempat tertentu misalnya tifa yang berasal dari Papua, maka alat musik modern bersifat lebih universal yang sudah mendapatkan sentuhan baru misalnya dari segi instrumennya ataupun dari penyajiannya. Masing-masing alat musik memiliki tingkat kesulitan tersendiri dan berikut ini adalah 4 jenis alat musik yang modern yang susah untuk dimainkan.

4 Alat Musik Modern yang Susah Dimainkan 

Pertama adalah accordion. Alat musik ini termasuk sebagai alat musik sejenis organ. Dengan ukuran yang kecil, alat musik yang ditemukan oleh C.F.L Buschmann yang berasal dari Berlin ini butuh koordinasi antara tangan kanan dan kiri. Hal ini disebabkan karena tangan kiri Anda harus memainkan tombol akor yang ada di bagian kiri dan melodi lagu yang ada di sebelah kanan dimainkan dengan tangan kanan. Alat musik tersebut harus didorong dan ditarik sehingga udara di dalam accordion bisa disalurkan ke lidah akordian dan menimbulkan bunyi. Karena butuh keseimbangan dan koordinasi yang bagus agar alat musik ini bisa menghasilkan bunyi dengan baik, maka alat musik ini cukup susah untuk dimainkan dan butuh latihan ekstra. 

Kedua adalah drumsAlat musik modern ini tidak memiliki melodi seperti accordion dan terdiri dari beberapa alat musik. Jenis perkusi ini termasuk sebagai yang tertua di dunia dan cara memainkannya adalah dengan menggebuknya dengan menggunakan stik. Butuh koordinasi antara kedua tangan dan kedua kaki agar dapat menghasilkan suara yang bagus dari ketukan yang Anda mainkan. 

Ketiga adalah harpa. Alat musik ini termasuk dalam kategori chordophone. Alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik ini memiliki banyak string atau senar yang terbuat dari sutra, nilon dan kawat. Instrumen yang kerap dimainkan dalam orkestra ini sudah ada sejak 3500 SM dan sangat popular ketika abad pertengahan di Eropa. Kesulitannya tidak hanya harus mengetahui nada dari senar yang dipetik mengingat banyaknya senar yang terpasang namun juga harus memposisikan jemari dan kaki dengan posisi yang tepat. 

Keempat adalah piano. Sekilas memainkan piano cukup mudah karena tidak beda jauh dengan keyboard akan tetapi cara memainkannya lebih kompleks. Dalam 1 piano terdapat 88 tombol yang bisa menghasilkan nada yang berbeda. terdapat 2 jenis piano sebagai salah satu alat musik modern yaitu piano tegak dan grand piano. Kesulitan dalam memainkan piano adalah butuh koordinasi antara kedua tangan dan juga kaki karena terdapat pijakan yang bisa digunakan untuk mengatur agar Anda bisa mendapatkan suara yang Anda inginkan. Anda butuh latihan ekstra, tidak hanya harus menghafal nada namun juga melatih koordinasi tangan apalagi jika Anda memainkan musik klasik ataupun modern yang memiliki tempo yang cepat.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *