Home » Koleksi Barang » 4 Alasan yang Membuat Alat Musik Tradisional Mulai Tidak Dikenal Lagi

4 Alasan yang Membuat Alat Musik Tradisional Mulai Tidak Dikenal Lagi

Dari sekian jenis alat musik tradisional sudah tentu salah satunya menarik minat Anda untuk belajar cara memainkannya. Indonesia yang merupakan negara kepulauan memiliki budaya beragam dan di setiap daerah juga memiliki alat musik khasnya sendiri-sendiri. Dulunya alat musik khas ini dimainkan untuk mengiringi upacara adat, misalnya saja upacara pernikahan maupun acara sakral lainnya. Perlahan modernitas yang datang bertubi-tubi membuat banyak anak muda mulai merasa asing dengan alat musik khas daerahnya sendiri, jangankan memainkannya mengenalnya saja baru pertama kali.

Penyebab Alat Musik Daerah Mulai Dilupakan

Bagi orang tua atau sesepuh di suatu desa tentu merasa sangat sedih ketika anak muda sebagai penerus generasi sudah mulai melupakan alat musik daerahnya sendiri. Kondisi ini umum dialami oleh hampir semua daerah di tanah air, dan bisa terjadi karena beberapa sebab sebagai berikut:

  • Sudah jarang dimainkan,

Orang bilang, ketika tidak pernah mengenal maka tidak akan pernah muncul rasa sayang dan hal ini berlaku untuk alat musik khas. Selama ini memang sudah jarang dimainkan jikalaupun ada suara dipastikan berasal dari kaset, maka ketenarannya perlahan memudar.

  • Tidak ada lagi yang bisa mengajari,

Orang berusia lanjut di zaman sekarang sudah tentu tidak lagi memiliki kecakapan untuk mengajari anak muda bermain alat musik tradisional khas daerahnya. Hal ini membuat jumlah pengajar semakin berkurang dan perlahan menghilang, padahal memainkan alat musik khas tentu butuh pengajar. Tidak bisa dilakukan secara otodidak karena memiliki teknik tertentu dan tidak semudah mencari referensi mempelajarinya lewat internet seperti alat musik modern. Alasan inilah yang menjadi salah satu sebab alat musik khas mulai tergeser.

  • Cara memainkan yang terbilang sulit,

Beberapa jenis alat musik khas daerah memiliki tingkat kesulitan yang lumayan sampai sangat tinggi. Jika dipelajari secara otodidak tentu terbilang semakin sulit sehingga banyak yang memutuskan untuk menyerah. Alasan yang membuat alat musik khas ini mulai luntur adalah karena tingkat kesulitan memainkannya yang lumayan bahkan sangat sulit. Suara yang dihasilkan pun tidak sekompleks alat musik modern sehingga perlahan minat anak muda mempelajari atau bahkan memainkannya ikut luntur.

  • Sulit menemukan alat musik daerah tersebut,

Beberapa daerah bahkan dijumpai fakta bahwa alat musik khas yang dimiliki dan dulunya sangat populer sudah tidak lagi ditemui. Bisa jadi karena proses pembuatan yang tidak mudah serta mempergunakan material khusus yang sudah sulit ditemukan. Sehingga tidak bisa lagi diproduksi dan membuat anak muda di daerah tersebut tidak pernah mengenalnya. Bagi siapa saja yang terketuk hatinya untuk melestarikan kembali alat musik tradisional ini tentu perlu mencari literatur, sekaligus membangun tempat untuk melatih keterampilan memainkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *