Home » Peluang Bisnis » 3 Jenis Peluang Usaha Kuliner, Modal Kecil Untung Besar

3 Jenis Peluang Usaha Kuliner, Modal Kecil Untung Besar

Peluang usaha kuliner merupakan salah satu peluang usaha yang tidak pernah sepi karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia Cara menjual makanan bermacam-macam ada yang dijajakan di pinggir jalan, dipanggul, di taman, di pasar, restoran, warung dan tempat lainnya.

Modal menjalankan bisnis kuliner sangat fleksibel, artinya modal yang dibutuhkan tergantung jenis makanan apa yang dijual. Berdasarkan jenisnya makanan bisa dibedakan menjadi dua jenis yaitu, makanan berat dan makanan ringan. Jika budget Anda terbatas bisa memilih bisnis makanan ringan karena modalnya tidak terlalu besar dibandingkan dengan makanan berat.

Jika Anda tertarik memanfaatkan peluang usaha kuliner, sebaiknya segera buat persiapan yang matang mulai dari perencanaan dan melakukan riset analisis pasar untuk mengetahui jenis makanan apa yang sedang diminati tetapi penjualnya masih sedikit.

Menjalankan bisnis ini memerlukan kesabaran, ketekunan, manajeman dan pelayanan yang baik. Jika hal tersebut dijalani tidak menutup kemungkinan Anda memiliki banyak pelanggan tetap. Menjalankan bisnis kuliner membutuhkan kreativitas dan inovasi karena sekarang banyak sekali orang yang menjalankan bisnis ini.

Baca Juga: Variasi Bentuk dan Aneka Kue Nastar Coklat

Berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai contoh usaha kuliner yang bisa dijadikan referensi bagi Anda yang sedang mencari jenis makanan apa yang akan dijalani:

  • Membuka Usaha Minuman Segar

Membuka usaha minuman segar, seperti: jus, es teh, es jeruk, es susu, dsb bisa menjadi usaha yang menguntungkan. Apalagi yang tinggal di daerah panas. Target konsumen bisa membidik semua umur. Usaha ini cocok dijalankan saat siang hari dan tidak memerlukan keterampilan khusus.

Jualan minuman dingin masih terbuka untuk melakukan inofasi, misalnya jus dengan toping, kombinasi dua jus buah dsb. Anda bisa mencari beragam resep jus di internet. Menjalankan bisnis jualan jus dan minuman dingin tidak terlalu besar, Anda hanya perlu menyiapkan gelas plastic, sedotan blander dan bahan-bahan untuk jus.

  • Jualan Roti Bakar

Ide lainnya menjalankan usaha kuliner adalah jualan roti bakar. Saat ini banyak orang yang menggeluti bisnis ini. Jika budget terbatas, cara memulainya bisa dengan berjualan di depan rumah, pinggir jalan, taman dan tempat lainnya yang ramai dilalui orang.

  • Jualan Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau adalah bubur yang banyak diminati orang. Umumnya ada tiga pilihan rasa, yaitu: bubur kacang hijau, ketan dan campuran keduanya. Anda bisa membuka bubur kacang ditempat yang ramai. Menjalankan bisnis ini tidak memerlukan perlengkapan yang ribet, bahan-bahannya pun murah dan mudah didapatkan.

Demikian contoh peluang usaha kuliner di atas yang bisa Anda jadikan pilihan. Selain itu masih banyak jenis usaha kuliner lainnya. Pastikan sebelum memilih jenis kuliner pastikan dulu berapa dana yang Anda miliki. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *