Home » Peluang Bisnis » 10 Tips Usaha bagi Pengusaha Pemula

10 Tips Usaha bagi Pengusaha Pemula

Untuk mencapai keberhasilan, tentu semua pengusaha harus memulainya dari bawah. Begitupula bagi para pengusaha muda yang baru saja memulai usahanya. Berikut ini dijabarkan 10 tips usaha bagi pengusaha pemula, yang bisa dipraktekkan dengan mudah.

  • Kuasai Benar Konsep Bisnis Anda

Menguasai konsep bisnis penting terutama bagi Anda yang butuh investor atau kerjasama dnegan pihak lain. Dengan menguasai konsep bisnis, artinya peluang Anda untuk meyakinkan calon investor agar mau mengalirkan dananya semakin besar.

  • Fokus

Godaan bisnis bagi pengusaha pemula adalah banyaknya peluang dan tidak sabar dalam prosesnya. Hal ini seringkali membuat pengusaha pemula kurang fokus dalam usahanya. Tidak salah jika ingin melakukan beberapa bisnis sekaligus. Tetapi, Anda harus mempertimbangan banyak hal. Jika memang Anda belum bisa melakukan beberapa bisnis sekaligus, pilih saja satu jenis bisnis untuk ditekuni secara fokus.

  • Pahami Betul Langkah Bisnis Anda

Menjadi pengusaha muda memang keren. Tapi, jangan sampai bisnis dilakukan hanya karena ingin tampak keren atau agar mendapatkan penghasilan besar.

Lakukan bisnis sesuai bakat Anda. Bangun dan pertahankan bisnis yang Anda buat. Berikan layanan terbaik bagi konsumen. Sabar dan fokus dalam setiap prosesnya. Jangan takut mencoba dan gagal. Kalau perlu, terus belajar dari bisnis serupa di sekitar. Libatkan juga penasehat bisnis. Dan kesuksesan sudah menunggu Anda di ujung jalan nantinya.

  • Jangan Malu Memulai dari Bawah

Semua kesuksesan dimulai dari bawah, terus menerus dan diiringi kerja keras yang fokus. Singkirkan jauh-jauh pikiran jika berbisnis, berarti Anda harus punya kantor atau mobil mewah, yang hanya menggambarkan status sosial saja.

Lakukan semuanya dari awal dan jangan malu untuk memulai semuanya dari bawah. Nanti, akan ada waktunya Anda berada di atas, saat bisnis Anda telah sukses.

  • Pelajari Kegagalan dan Jangan Ulangi Lagi

Tidak semua bisnis langsung sukses. Pun tidak semua bisnis selalu menemui jalan lurus. Ada kalanya Anda akan mengalami kegagalan atau kerugian. Ambillah pelajaran dari kegagalan yang Anda alami dan jangan ulangi lagi. Buat strategi dan rencana baru untuk bangkit dan membangun bisnis baru. Jangan takut gagal dan mencoba lagi.

Baca Juga : Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga Tanpa Perlu Keluar Rumah

  • Hemat

Tips usaha berikutnya adalah melakukan penghematan keuangan penting bagi Anda yang baru merintis bisnis. Karena modal yang Anda miliki tentu masih terbatas, maka pilihan hemat ini wajib dilakukan. Jangan mudah tergiur dengan peluang atau tawaran yang belum jelas. Buat dan lakukan rancangan keuangan sebaik mungkin untuk membuat modal tetap dapat digunakan dalam bisnis.

  • Kesehatan itu Penting

Produktivitas akan lebih baik jika Anda dalam keadaan sehat. Karena itu, pilihlah gaya hidup sehat agar Anda bisa tetap dan terus menjalankan bisnis tanpa terganggu masalah kesehatan.

  • Hindari Terlalu Banyak Bicara

Ini bisnis, bukan ajang bicara. Jadi, hindarilah terlalu banyak bicara hal yang tidak perlu. Karena tindakan nyata jauh lebih penting untuk menjalankan bisnis Anda.

  • Tahu Kapan Saatnya Berhenti…

Jika terpaksa bisnis yang Anda jalani tidak berjalan dengan baik bahkan meski sudah dievaluasi dan diperbaiki, maka Anda perlu tahu kapan saatnya berhenti. Berhenti di sini artinya mundur sejenak dan merenungkan kembali kesalahan apa yang sudah Anda perbuat. Setelah itu, Anda bisa merancang ulang lagi bisnis dengan strategi baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *