Home » Hobi ekstrim » 10 Perlengkapan Mendaki Gunung dan Fungsinya

10 Perlengkapan Mendaki Gunung dan Fungsinya

Mendaki merupakan salah satu kegiatan yang menggabungkan antara olahraga dan rekreasi. Banyak orang terutama kalangan muda melakukan kegiatan ini dengan tujuan menghilangkan kepenatan setelah melakukan aktivitas sehari – hari sambil menikmati keindahan alam pegunungan. Para pendaki akan mempersiapkan secara matang segala sesuatunya sebelum melakukan pendakian. Selain Fisik dan mental, perlengkapan mendaki gunung yang dibawa juga harus lengkap dan sesuai dengan kebutuhannya. Berikut ini 10 perlengkapan mendaki gunung dan fungsinya :

  • Tas Gunung

Tas gunung berfungsi untuk membawa semua kebutuhan yang dibutuhkan selama mendaki gunung. Tas gunung dirancang khusus dengan bahan yang kuat sehingga tidak mudah rusak dan tahan lama. Yang harus diperhatikan ketika memilih tas gunung adalah ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan dan lamanya perjalanan. Bila para pendaki melakukan perjalanan dengan waktu yang singkat sebaiknya pendaki menggunakan tas yang ukurannya tidak terlalu besar dan sebaliknya bila pendaki melakukan perjalanan dengan waktu yang lama sebaiknya menggunakan tas yang ukurannya besar.

  • Pakaian Lapangan

Pakaian lapangan terdiri dari baju yang dipakai harus berbahan katun dan tebal  yang bisa memberikan kehangatan dari cuaca dingin, jaket  dan jas hujan yang berbahan parasit dan tebal  untuk  melindungi dari hujan dan udara dingin, celana panjang khusus untuk mendaki yang memudahkan para pendaki bergerak secara bebas, kaos kaki yang tebal untuk menghindari luka pada kaki, sepatu khusus untuk mendaki dan sarung tangan yang tebal.

  • Tenda dan Perlengkapan Tidur

Perlengkapan yang satu ini berfungsi sebagai tempat berlindung  dari cuaca dingin, hujan dan juga tempat istirahat ketika para pendaki harus bermalam dalam perjalanan.

  • Perlengkapan Tidur

Perlengkapan tidur yang biasa dipakai adalah matras yang tebal dan kantung tidur supaya nyaman ketika beristirahat.

  • Makanan dan Minuman yang Cukup

Makanan dan minuman merupakan sumber tenaga bagi para pendaki untuk melakukan perjalanan mendaki gunung. Pastikan persediaan makanan dan minuman cukup untuk kegiatan pendakian dari awal hingga selesai.

  • Alat Penerangan

Alat ini merupakan alat yang penting dan sangat dibutuhkan ketika keadaan mulai gelap dan malam hari dapat berupa lampu senter atau headlamp.

Baca Juga: Tips – Tips yang Harus Dilakukan Sebelum Mendaki Gunung

  • Alat Navigasi

Alat navigasi yang sering digunakan oleh para pendaki adalah peta, kompas dan GPS yang bisa digunakan sewaktu – waktu apabila pendaki tersesat.

  • Obat – Obatan

Barang ini juga sangat penting untuk para pendaki khususnya bagi pendaki yang mempunyai riwayat penyakit khusus.

  • Peralatan Masak

Kompor portable dan beberapa peralatan masak seperti panci, piring, gelas, pisau merupakan peralatan yang perlu dibawa ketika melakukan pendakian. Salah satu cara untuk menghilangkan dingin yaitu dengan membuat  makanan atau minuman hangat dengan menggunakan peralatan masak tersebut.

  • Alat Komunikasi

Alat yang bisa dipakai ketika melakukan pendakian adalah HT dan perangkat seluler seperti handphone yang berfungsi untuk menjalin komunikasi antar sesama pendaki atau dengan petugas yang bertanggung jawab atas area tersebut.

Itulah 10 perlengkapan mendaki gunung yang dapat menunjang faktor keselamatan bagi para pendaki gunung. Persiapan yang matang dalam mempersiapkan perlengkapan mendaki merupakan hal yang harus diperhatikan oleh para pendaki gunung.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *