Home » hobi » 10 Hal yang Perlu di Perhatikan saat Memancing di Laut

10 Hal yang Perlu di Perhatikan saat Memancing di Laut

Memancing ikan menjadi salah satu hobi menantang yang juga sangat mengasyikan. Selain itu, kesabaran Anda juga akan terlatih sehingga stress setelah beraktivitas penuh perlahan hilang. Tempat mancing ikan yang paling digemari ialah laut mengingat dibandingkan sungai jumlah dan jenis ikan di laut lebih banyak. Ternyata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memancing dilaut. Apa saja? Berikut ulasannya.

10 Hal yang Perlu di Perhatikan saat Memancing di Laut

Waktu memancing

  1. Major period & minor period

Waktu Major Period ialah saat posisi bulan berada di kepala atau moon up. Periode ini sekitar 2 jam setelah bulan berada di atas kepala. Sedangkan saat bulan berada diposisi kaki berarti minor period atau mood down. Periode ini dimulai setelah bulan menghilang atau muncul satu jam. Anda bisa melihat di kalender lunar untuk lebih jelasnya.

  1. Matahari terbit dan tenggelam

Menurut biologi aktivitas ikan mulai meningkat saat matahari terbit dan tenggelam. Sehingga nafsu makan ikan akan terpacu.

  1. Bulan purnama

Aktivitas ikan di laut akan meningkat secara penuh saat waktu bulan purnama atau bulan baru. pemancing bisa memanfaat waktu serta cahaya bulan pernama ini secara penuh. Sebenarnya waktu para nelayan tradisional dari zaman dahulu sudah mengetahui waktu tersebut sebagai saat yang tepat untuk memancing.

Perhatikan Situasi dan Kondisi

  1. Pasang dan surut

Posisi matahari dan bulan mempengaruhi saat-saat pasang dan surut. Arus laut yang muncul juga dipengaruhi oleh pasang surut tersebut. Arus yang muncul akan semakin tinggi jika selisih pasang tinggi dengan pasang rendah semakin besar.

Kecepatan arus laut inilah yang akan berdampak pada aktivitas ikan. Perlu berhati-hati karena saat seperti ini juga bisa menimbulkan bahaya bagi pemancing. Anda bisa mencari tempat aman seperti di arus yang tidak terlalu besar dan air yang dangkal.

  1. Suhu air laut

Suhu air akan mempengaruhi aktivitas ikan mengingat Ikan termasuk jenis hewan berdarah dingin. Temperatur yang normal menjadi suhu yang baik bagi ikan. Patut disyukuri bahwa kondisi air laut di Indonesia selalu normal karena beriklim tropis.

  1. Tekanan udara

Ada perbedaan pendapat seputar hal ini tapi, jika Anda ingin memastikannya, carilah saat tekanan udara sedang normal atau menurun. Keselamatan berlayar juga bisa mengacu pada hal ini.

  1. Kecepatan angin

Pada saat ini organisme kecil akan ke atas air akibat dari gelombang sehingga kecepatan angin sangat berpengaruh terhadap aktivitas ikan. Sehingga untuk mengikuti makanan akhirnya ikan juga akan naik ke atas.

Persiapan Mancing Ikan Besar di Laut

  1. Peralatan mancing

Jika budget yang Anda miliki lebih, siapkan peralatan terbaik sebagai berikut:

  • Stick atau joran adalah piranti untuk memegang utama dalam mancing.
  • Reel berfunsi sebagai tempat penyimpanan kenur atau senar.
  • Kenur atau senar untuk membantu mengangkat ikan setelah hook up di kail.
  • Kail adalah bagian alat pancing yang digunakan untuk perangkap ikan yang telah memakan umpan.
  • Kili-kili atau swivel adalah alat tambahan yeng berfungsi mencegah kenur kusut akibat putaran dari pergerakan kan.
  • Snap atau Peniti merupakan alat untuk memutuskan dan menyambung rangkaian kail dengan kenur.
  • Jika memang ukuran ikannya tergolong sangat besar, biasanya para pemancing akan menggunakan tombak sebagai pengganti alat pancing.
  1. Transportasi dan pemandu

Jika Anda sudah pro dalam hal memancing ikan bisa meniadakan pemandu. Begitupun dengan transportasi, jika Anda mempunyai perahu pribadi beserta nahkodanya. Namun, jangan ragu menyewa transportasi dan jawa pemandu jika Anda ragu dengan wilayah baru yang akan ada jelajahi.

  1. Mental

Mancing di laut berbeda perlu mempersiapkan mental untuk menghadapi beberapa hal seperti harus memikirkan air tawar, sulit melihat tanah, matahari terik, dan masalah lainnya. Tapi bulatnya tekad bisa menjadi bekal utama terlebih dilengkapi dukungan peralatan canggih lainnya.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *